Saya presiden Amerika Serikat pertama yang menghadiri KTT ini"
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memulai jumpa persnya dengan salam khas Indonesia "selamat malam" dan menyebutkan negerinya telah berkomitmen membantu Indonesia dalam memodernisasi kekuatan militernya untuk mempromosikan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

"Selamat malam, terimakasih Presiden Yudhoyono," katanya dalam juma pers bersama usai pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali Nusa Dua Convention Centre.

Obama memuji kepemimpin Yudhoyono dan Indonesia di ASEAN yang disebutnya berhasil membawa ASEAN ke pencapaian yang baik.

Dia juga berterimakasih kepada Yudhoyono dan Indonesia sehingga dia bisa hadir di Bali untuk menjadi pemimpin AS pertama yang menghadiri KTT Asia Timur.

"Saya presiden Amerika Serikat pertama yang menghadiri KTT ini," katanya.

Kemudian, Obama menyebut sejumlah keberhasilan hubuangn bilateral RI-AS seperti kesepakatan bisnis Boeing dan Lion Air, pembangunan lingkungan, demokratisasi, HAM, dan sebagainya.

"Saya berterimakah kepada dia (Presiden Yudhoyono) telah mempromosikan hak asasi manusia dan demokratisasi," kata Obama. (*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011