Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Ada yang konstan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari sejak rangkaian KTT ASEAN ke-19 diawali pertemuan para pejabat tinggi sampai jumpa pers bersama dengan Presiden AS Barack Obama malam ini.

Kecuali ketika saat membuka pertemuan badan pemeriksa keuangan se-ASEAN lalu, Presiden Yudhoyono terus berbahasa Indonesia di forum internasional itu.

Pada kesempatan pertamanya mengadakan jumpa pers, Yudhoyono menyampaikan pernyatan singkat sekitar 5 menit mengenai hasil pembicaraan bilateralnya dengan Obama.  

Semua itu disampaikannya dalam Bahasa Indonesia.

"Kami baru saja melaksakan pertemuan bilateral," kata Yudhoyono yang berdiri di sebelah kiri Obama dalam jumpa pers di Bali Nusa Dua Convention Centre itu.

Dia melanjutkan, hasil pertemuan ini menyangkut kemajuan-kemajuan di berbagai bidang dalam kerangka kemitraan komprehensif termasuk pada bidang perdagangan, pelestarian dan investasi.

Di akhir pernyataanya Yudhoyono berharap kedua negara membangun kerjasama yang menghormati hak asasi manusia, peduli kawasan dan memperkuat ekonomi kawasan agar tumbuh kian kuat.  (*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011