Medan (ANTARA) -
Penerbangan internasional kembali beroperasi di Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara membawa warna dan semangat baru terhadap pergerakan penumpang terutama periode angkutan Lebaran 2022.

"Dimana pergerakan penumpang pada tanggal 24 April 2022 mencapai sebanyak 15.694 orang dan 135 pesawat," kata Plt Executive General Manajer PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu, Eri Braliantoro, dalam keterangan tertulis, Jumat.

Eri mengaku, bangga karena pelaksanaan pendaratan perdana maskapai komersial Malaysia Airlines kembali hadir di Bandara Kualanamu berjalan lancar pada tanggal 22 April 2022 dan beroperasi secara reguler tiga kali dalam satu minggu.

Selain Malaysia Airlines akan hadir kembali maskapai Air Asia dengan rute Kuala Lumpur-Kualanamu setiap harinya dimulai tanggal 27 April 2022.

Baca juga: Pergerakan pesawat di Bandara Kualanamu terus meningkat

"Kemudian dilanjutkan dengan Singapura Airlines dengan tujuan Singapore-Kualanamu yang direncanakan akan beroperasi pada awal bulan Mei 2022," ucapnya.

Sebelumnya, pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara terus meningkat hingga diperkirakan arus mudik Sabtu (30/4) atau H-2 Lebaran 2022 jumlah penumpang dapat mencapai 20.000 orang.

Bandara Kualanamu telah menerima permohonan penerbangan tambahan (exstra flight) dari sejumlah maskapai.

Sampai saat ini jumlah penerbangan tambahan yang diajukan maskapai ke AP II telah mencapai 12 exstra flight untuk periode 16 April-09 Mei 2022.

Baca juga: Penumpang di Bandara Kualanamu capai 17.451 penumpang

Terkait penerbangan tambahan di periode Angkutan Lebaran 2022 tentunya menjadi perhatian dan akan melakukan penyesuaian operasional serta memastikan kehandalan fasilitas guna mengakomodasi exstra flight yang disetujui.Adanya penerbangan tambahan juga sebagai salah satu indikator pemulihan sektor penerbangan nasional.





 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022