Nusa Dua (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan sejumlah pimpinan negara ASEAN dan mitra wicara akan meninggalkan Bali Sabtu sore ini usai mengikuti rangkaian KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkaitnya.

Juru bicara otoritas militer Pangkalan Udara Ngurah Rai Kapten Jhony mengatakan Presiden Barack Obama akan meninggalkan Bali sekitar pukul 18.00 WITA.

Selain Obama, yang juga akan akan meninggalkan Indonesia Sabtu sore ini adalah pemimpin Brunei Darussalam Sultan Halsanah Bolkiah, Presiden Filipina Benigno III, Perdana Menteri Laos Thongsing Thammavong, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, dan Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak.

Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda juga akan terbang meninggalkan Indonesia hari ini.

Rangkaian KTT ke-19 ASEAN ditutup dengan tiga kesepakatan yakni di bidang politik, dan keamanan disepakati Bali Concord III yang memfokuskan pada penyelesaian konflik kawasan, pemberantasan kejahatan transnasional, perompakan, pemberantasan korupsi, serta pelucutan senjata nuklir.

Sedangkan di bidang ekonomi disepakati partisipasi ASEAN dalam perekonomian global, penguatan kapasitas ekonomi ASEAN, adopsi standar produksi dan distribusi komoditas ekonomi, perbaikan akses dan penerapan teknologi, peningkatan investasi agrikultur dan diversifikasi energi.

Untuk bidang sosial budaya ASEAN sepakat untuk lebih mempererat kerja sama dalam penanggulangan dan penanganan bencana, penanganan dampak perubahan iklim, kesehatan, pendidikan serta kebudayaan.(*)

R018

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011