...saatnya kita melakukan hal nyata secara lebih dalam setiap implementasi kerja sama yang disepakati...

Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - KTT Keenam Asia Timur digelar dan dibuka Presiden Susilo Yudhoyono, dengan agenda perluasan dan peningkatan kerja sama di dua kawasan, yaitu ASEAN dan Asia Pasifik.




"Saya menyambut baik KTT Keenam Asia Timur yang diikuti 18 negara ini. PBB sangat bangga bisa menjadi menyaksikan pelaksanaan KTT yang penting ini. Jelas untuk kemitraan di kawasan ini, diperlukan kepemimpinan yang prima," kata Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, dalam wawancara khusus dengan ANTARA, di Nusa Dua, Bali, Sabtu siang.



Ban berada di Indonesia untuk menghadiri KTT Keempat ASEAN-PBB yang dilaksanakan kemarin (18/11), di Nusa Dua, Bali. Sebelum dengan PBB, ASEAN melakukan pertemuan puncak secara bilateral dengan beberapa negara, yaitu China, Korea Selatan, India, dan China.




Ban menyatakan, kerja sama di kawasan-kawasan itu dilakukan dalam berbagai tingkatan, mulai dari tingkat pejabat senior, para menteri, hingga di tingkat pertemuan puncak. 




"Sudah saatnya kita melakukan hal nyata secara lebih dalam setiap implementasi kerja sama yang disepakati. Ini juga menjadi perhatian PBB," katanya.




Implementasi nyata program kerja PBB dan ASEAN dalam forum ini menjadi fokus pertemuan. Terutama capaian Tujuan Millenium Dunia yang ditargetkan terjadi pada 2015 dan pasca pencapaian itu, inisiatif  peningkatan kapasitas yang ditujukan guna perlindungan dan promosi HAM, kerja sama keamanan maritim, sampai Rencana Strategis PBB Tentang Manajemen Bencana 2011-2015. (*)



Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011