Denpasar (ANTARA News) - Tiket semua penerbangan dari Denpasar ke Jakarta untuk keberangkatan Sabtu dan Minggu (20/11) penuh seiring berakhirnya KTT ASEAN di Nusa Dua, 17-19 November 2011.

Pada agen tiket Bali Wisata Tour di Jalan Teuku Umar, Kota Denpasar, misalnya, tiket ke Jakarta habis pada Sabtu sekitar pukul 16.00 WITA.

Sebagian besar tiket penerbangan baik yang menggunakan Garuda, Lion, Sriwijaya dan lainnya, diborong oleh peserta atau pihak-pihak yang terkait KTT ASEAN, termasuk media.

KTT ASEAN yang juga menghadirkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama itu, sesuai registrasi di panitia diliput oleh lebih dari 2.200 jurnalis dari berbagai negara, terbanyak asal Jakarta.

Anita dari Bali Wisata Tour mengakui terakhir kali menjual dua tiket Garuda kelas bisnis untuk penerbangan adalah Minggu pagi pukul 07.25 WITA, masing-masing seharga Rp3,11 juta.

Dua tiket untuk penerbangan pagi yang tergolong sangat mahal itu juga dibeli oleh anggota rombongan peserta KTT ASEAN yang berasal dari media di Jakarta.

Diakui bahwa selama ini harga tiket penerbangan pagi biasanya tergolong paling murah, untuk Denpasar-Jakarta sering kali di bawah Rp500 ribu.

Sedangkan tiket tujuan daerah lain masih tersedia, namun untuk kota tertentu seperti Bandung, Yogyakarta dan Surabaya juga terbatas dan harganya mahal.

Ketiadaan tiket penerbangan untuk Sabtu dan Minggu itu juga diakui beberapa perusahaan agen perjalanan lainnya, seperti BSA Tour di Jalan Imam Bonjol dan perusahaan agen perjalanan di Ubung, Kota Denpasar.

Ketiadaan tiket dan melejitnya tarif penerbangan tersebut, membuat banyak pengguna jasa transportasi udara tersebut terpaksa menunda perjalanan atau kepulangan mereka ke Jakarta(*)
T007/M038

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011