...Saya merasa bahagia dan bersyukur atas segala pencapaian baik dalam KTT ini maupun sepanjang keketuaan Indonesia...
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - KTT Ke-19 ASEAN dan pertemuan puncak terkait telah usai. Ada banyak capaian yang telah terdapat dalam perhelatan diplomatik tingkat tinggi itu. Menurut Presiden Susilo Yudhoyono, keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2011 telah mencapai berbagai hasil signifikan.

Bali Concor III menjadi satu capaian penting yang dihasilkan para pemimpin negara ASEAN dalam perjumpaan tiga hari mereka di Nusa Dua, Bali.

"Dalam rangkaian KTT ini kita telah mencapai berbagai raihan signifikan. Kita telah memetakan komunitas ASEAN dalam komunitas global bangsa-bangsa melalui Bali Concord III," ujarnya.

Selama keketuaan Indonesia, lanjut Yudhoyono, akhirnya dicapai titik temu bagi penanganan Laut China Selatan melalui kesepakatan pedoman Deklarasi Berperilaku bagi para pihak di kawasan tersebut.

Selain itu, perundingan ASEAN dengan negara-negara pemilik senjata nuklir telah selesai setelah sempat terhenti selama sepuluh tahun untuk pembentukan kawasan ASEAN yang bebas dari senjata nuklir.

"Saya merasa bahagia dan bersyukur atas segala pencapaian baik dalam KTT ini maupun sepanjang keketuaan Indonesia," ujarnya.

Indonesia, menurut Yudhoyono, telah menjadikan beberapa hal sebagai prioritas selama menjabat Ketua ASEAN pada 2011. 

Mereka adalah memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan, mengembangkan prinsip-prinsip demokrasi dan hak asasi manusia, memastikan kesejahteraan rakyat melalui konektivitas dan pembangunan ekonomi termasuk melalui kerjasama dengan mitra wicara.

Selain itu, Indonesia juga ingin memastikan tranformasi ASEAN sebagai organisasi yang berbasis masyarakat serta diarahkan dan ditujukan untuk kepentingan rakyat.

Pada acara penutupan KTT ke-19 ASEAN, Indonesia menyerahkan keketuaan kepada Kamboja yang akan menjadi tuan rumah KTT ke-20 dan KTT ke-21 ASEAN. KTT ke-20 ASEAN akan dilaksanakan pada 3-4 April 2012 di ibukota Kamboja, Pnom Penh.

Indonesia pada acara penutupan tersebut menayangkan video pencapaian ASEAN selama keketuaan tahun 2011 sedangkan Kamboja menayangkan video ucapan selamat datang. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011