Jakarta (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John tinggal menjalani dua sesi latihan dengan mitra latih tanding atau "sparring partner" sebelum bertarung melawan penantangnya Stanyslaw Merdov dari Ukraina.

Pertandingan dengan petinju Ukraina tersebut akan digelar di Challenge Stadium MT Claremount, Australia Barat, 30 November 2011, kata Chris John ketika dihubungi dari Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, dua sesi latihan dengan mitra latih tanding tersebut akan dilakukan pada Senin (21/11) dan Rabu (23/11).

Menurut pemegang rekor 45 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut, dua petinju dari Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, menjadi mitra latih tandingnya, yaitu Roy Tua dan Matt Garlet.

Ia mengatakan, usai menjalani dua kali sesi latihan dengan mitra latih tanding tersebut dirinya sudah mulai memasuki tahapan latihan ringan mengingat pelaksanaan pertandingan tinggal tujuh hari lagi.

Ia mencontohkan, latihan ringan yang akan dijalani sepekan menjelang pertarungan adalah dengan "jogging" dan "shadow box". "Saya hanya menjaga kebugaran tubuh menjelang pertarungan karena latihan berat sudah dijalani sejak beberapa waktu yang lalu," katanya.

Ia menambahkan, dirinya bakal menerapkan permainan jarak dekat menghadapi penantangnya Stanyslav Merdov mendatang.

Menurut petinju dengan julukan The Dragon tersebut, Merdov memiliki postur tubuh yang tinggi dan jangkauan pukulan yang lebih panjang dibandingkan dirinya sehingga harus bermain dekat dengan lawan.

"Saya akan terus menekan lawan untuk mendapatkan jarak pukulan yang ideal bagi saya dan akan mempersempit ruang pukul Merdov," kata petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng.

Lawannya, kata dia, memiliki gaya bertarung sebagai petinju boxer seperti gaya bertinju yang diterapkan petinju dari Rusia ditambah postur tubuh yang tinggi.

Ketika ditanya target pada pertarungan melawan Merdov, dia mengatakan, tentu saja ingin menang tetapi dirinya tidak memasang target untuk memukul lawan dengan KO.

"Kalau memang ada kesempatan untuk memukul KO lawan tentunya akan digunakan sebaik mungkin meng-KO lawannya," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelar setelah menang angka atas petinju Kalimantan Barat, Daud "Cino" Yordan.

Pertarungan melawan Stanyslav Merdov mendatang merupakan pertarungan Chris John ke-15 dalam rangka mempertahankan gelarnya yang diperoleh saat menang atas petinju Panama, Oscar Leon dalam pertarungan ad-interim di Bali, Oktober 2003.
(U.H015/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011