Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Dr. H. Masmin Afif M.Ag menjadi imam sekaligus khotib Shalat Idul Fitri di Gedung Agung, Yogyakarta pada Senin, yang akan diikuti Presiden Joko Widodo.

Masmin Afif saat dihubungi di Yogyakarta, Minggu malam, mengaku dihubungi Protokol Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta tiga hari sebelum Presiden Joko Widodo tiba di Yogyakarta pada Sabtu (30/4).

"Ada permintaan dari Jakarta. Diminta persiapan ya in syaa Allah kami siap," ujar Masmin.

Baca juga: Presiden Jokowi akan laksanakan Shalat Id di Gedung Agung Yogyakarta

Menyampaikan khotbah secara langsung di hadapan Presiden Jokowi bakal menjadi pengalaman keduanya.

Kesempatan serupa pernah ia dapatkan kala Presiden Jokowi melakukan kunjungan di Yogyakarta pada 2021 dan menunaikan Shalat Jumat di Gedung Agung.

"Sudah pernah dan Ini yang kedua," ujar pria kelahiran Demak, Jawa Tengah ini.

Menurut Masmin, pihak Istana Kepresidenan memberi keleluasaan kepadanya dalam menentukan tema Khotbah Idul Fitri 1433 Hijriah di hadapan kepala negara.

"Materi sudah kami kirim ke Protokol Paspampres dan in syaa Allah sudah di-ACC. Kemarin diminta untuk direvisi untuk dipadatkan. Tadi pagi sudah kami kirim lagi biar (khotbah) tidak terlalu lama," kata dia.

Adapun tema khotbah yang akan diangkat, kata Masmin, yakni "Solidaritas Sosial di masa Pandemi".

Menurut dia, tema itu dipilih menyesuaikan dengan konteks Idul Fitri tahun ini yang masih dirayakan dalam suasana pandemi COVID-19.

Sementara Ramadhan yang sudah dilalui selama 30 hari merupakan sarana mengamalkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai meliputi pengendalian hawa nafsu serta solidaritas sosial.

"Menjadi orang-orang yang bertakwa adalah bermanfaat untuk keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Dan orang-orang yang bertakwa adalah orang yang bisa memberikan kontribusi positif terhadap suasana di sekitar kita," ujar Masmin Afif menjelaskan substansi khotbah.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi dari Jakarta, Minggu (1/5) memastikan bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Gedung Agung Yogyakarta pada Senin, 2 Mei 2022.

Menurut Heru, shalat Id tersebut hanya akan dihadiri oleh kalangan terbatas.

Baca juga: Presiden Jokowi membagikan bantuan di Malioboro Yogyakarta
Baca juga: Ketua MPR RI rayakan Idul Fitri 1443 Hijriah di Bali
Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 Hijriah

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022