Karawang (ANTARA) - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana menyampaikan bahwa pengamanan arus mudik Lebaran 2022 berjalan lancar dan tidak ada kejadian yang menonjol.

“Operasi Ketupat 2022 semuanya terkendali, tidak ada kecelakaan yang menonjol,“ katanya saat menerima kunjungan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, di Pospam Terpadu "Rest Area" KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Wilayah Kabupaten Karawang, Minggu.

Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur mudik, khususnya di jalur tol, papar dia, pihaknya telah melakukan "contraflow" maupun "one way".

Baca juga: Arus mudik di Jalur Nagreg lancar pada H-1 Lebaran

Upaya "contraflow" dan "one way" di jalan tol tersebut diakui cukup efektif dalam mengantisipasi kemacetan di jalur mudik wilayah Jawa Barat, ujarnya.

Sementara untuk pengawalan di jalan arteri, katanya, jajaran kepolisian di tingkat daerah atau polres, telah mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menyampaikan secara umum pengamanan mudik Lebaran 2022 di daerah ini berlangsung aman dan kondusif.

Baca juga: Menhub harap keberhasilan rekayasa lalu lintas terjadi pada arus balik

”Kami dari Polres Karawang akan terus berupaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik dengan melakukan tugas pengamanan secara maksimal, termasuk saat arus balik nanti,” katanya.

Sementara Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan dari Polda Jabar yang sudah melaksanakan tugas dengan baik dari awal kegiatan.

“Kita berharap selama Operasi Ketupat 2022, kita bisa meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dan mencegah penyebaran COVID-19 dengan semua inovasi-inovasi dari Polri,“ kata dia.

Baca juga: Jalur selatan Jabar lintas Garut ramai lancar saat malam H-1 Lebaran

Ia berpesan agar setiap komandan di lapangan memperhatikan keselamatan dan kesehatan personel masing-masing.

Dalam kunjungan itu, Wakapolri memberikan paket sembako secara simbolis kepada para anggota Polri yang melaksanakan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan vaksinasi di Pos Pelayanan "Rest Area" KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022