Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat akan menyelenggarakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Padang, Air Pacah.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur, sejak Kantor Balai Kota Padang ini dibangun pascagempa 2009, untuk pertama kalinya kita melaksanakan Shalat Idul Fitri di sini. Biasanya di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol Padang," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Minggu (1/5).

Dia menjelaskan dipilihnya Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Padang merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Padang menjadikan area kantor balai kota tidak hanya sebagai pusat pemerintahan namun juga pusat kegiatan masyarakat di daerah setempat.

"Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang kami mengimbau dan mengajak masyarakat Kota Padang mari ramai-ramai kita melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Fitri di Lapangan Kantor Balai Kota Padang ini. Mari bersama-sama rayakan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi akan laksanakan Shalat Id di Gedung Agung Yogyakarta

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Padang Fitriati mengatakan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah mengacu pada keputusan pemerintah, yakni jatuh pada Senin (2/5).

Pada pelaksanaan Shalat Id tersebut akan bertindak sebagai khatib Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang Prof Asasriwarni, sedangkan sebagai imam adalah Imam Besar Masjid Agung Nurul Iman Padang Nasir Sikumbang.

"Kita juga akan mengundang unsur Forkopimda Kota Padang untuk ramai-ramai Shalat Id di sini," kata dia.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Padang Fuji Astomi mengatakan jika cuaca tidak mendukung atau hujan maka pelaksanaan Shalat Id akan dipindahkan ke Gedung Serbaguna Bagindo Aziz Chan dan Masjid Ukhuwwah Kantor Balai Kota Padang serta pelataran.

"Dinas Kominfo Kota Padang juga akan memfasilitasi peliputan dan penyiarannya 'live streaming' nantinya," kata dia.

Baca juga: Masjid Istiqlal akan gelar Shalat Id perdana di masa pandemi COVID-19
Baca juga: Kemenag Batam catat 529 lokasi Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022