Ambon (ANTARA) - Ratusan warga di Kota Ambon, Maluku baik menggunakan kendaraan roda dua maupun berjalan kaki melakukan pawai malam takbiran menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pantauan ANTARA di Ambon, pawai takbiran ini mulai dilaksanakan pada Minggu (1/5), sekitar pukul 20.30 WIT hingga Senin dinihari.

Sambil meneriakkan takbir bersahut-sahutan, para peserta pawai ini mengusung bendera Merah Putih, sejumlah bendera negara asing, serta bendera hitam yang kalimat-kalimatnya menggunakan bahasa Arab.

Pawai malam takbiran yang berlangsung aman tersebut mendapat pengamanan ratusan aparat gabungan, baik dari unsur TNI, Polri, Satuan Brimob, Satpol PP, serta instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan malam takbiran dan S​​​​​halat Idul Fitri 1443 Hijriah pada Senin.

Aparat keamanan juga melakukan penyekatan di berbagai ruas jalan yang merupakan pintu masuk dan keluar Kota Ambon, sehingga ratusan warga yang pawai takbiran diperkenankan melintasi ruas Jalan A.M. Sangaji menuju Tugu Trikora dan berbelok menuju ruas Jalan dr. Latumeten, Sultan Babbullah, dan kembali ke Jalan A.M. Sangaji.

Gabungan personel aparat keamanan juga memasang barikade di perempatan jalan depan Masjid Raya Alfatah Ambon dan Batumerah sehingga warga yang melakukan pawai takbiran dari luar kota tidak bisa masuk, dan sebaliknya yang di dalam Kota Ambon juga tidak bisa keluar.

Sementara itu, Kapolresta Pulau Ambon Kombes Pol Raja Arthur Simamora menggunakan sepeda motor patroli memantau langsung aktivitas warga yang pawai takbiran sekaligus mengecek para petugas keamanan di lapangan.

Baca juga: Polres Batanghari kawal bus angkutan mudik di malam takbiran
Baca juga: Dirlantas Polda Metro bubarkan kerumunan massa di Kemayoran
Baca juga: Kapolsek Duren Sawit: Tidak ada kejadian menonjol saat malam takbiran

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022