Kami menyiagakan satu unit KN SAR Karna yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk memberikan pertolongan.
Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas B Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiagakan satu unit Kapal Negara (KN) SAR Karna sebagai fasilitas keselamatan di perairan di wilayah ini.

"Kami menyiagakan satu unit KN SAR Karna yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk memberikan pertolongan jika terjadi musibah di perairan terutama bagi wisatawan yang tengah berlibur di pantai," kata Kepala Basarnas Kelas B Pangkalpinang Fazzli dalam keterangannya, di Pangkalpinang, Selasa.

Selain sarana tersebut, kata dia lagi, pihaknya juga menyiapkan Rescue Boat 201, perahu karet yang dilengkapi kemudi Rigid Inflatable Boat (RIB) dan perahu karet.

"Satu tim rescue disiapkan untuk memberikan layanan secara mobile di sejumlah objek wisata yang sering dan banyak dikunjungi masyarakat," katanya pula.

Fazzli mengimbau pengunjung wisata pantai untuk memperhatikan kondisi air laut saat itu, hindari mandi di pantai jika kondisi gelombang sedang pasang terutama orangtua yang membawa anak-anak agar didampingi saat mandi di pantai.

"Orangtua harus mendampingi jika anaknya terpaksa mandi pantai, jangan dibiarkan mandi sendiri tanpa pendampingan," ujarnya pula.

Menurutnya, kondisi cuaca di perairan pantai dapat berubah kapan saja yang biasanya disertai gelombang dan angin kencang. Masyarakat dapat menghubungi langsung ke nomor pelayanan jika terjadi musibah yaitu Call Center Basarnas 115.
Baca juga: Tim SAR Pangkalpinang berhasil selamatkan ABK kapal terbakar
Baca juga: SAR Pangkalpinang bantu pencarian KM Samudra Wani II di Laut Jawa

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022