Bangkalan (ANTARA) - Polres Bangkalan, Jawa Timur, terus berupaya mencegah penyebaran COVID-19 di saat libur Lebaran dengan menggencarkan sosialisasi dan penegakan disiplin di berbagai lokasi objek wisata di wilayah itu, serta melakukan operasi yustisi di pelabuhan.

Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino di Bangkalan, Rabu, mengatakan hal itu dilakukan, karena upaya mencegah penyebaran COVID-19 merupakan bagian yang tak terpisah dari pengamanan mudik Lebaran kali ini.

"Karena itu, semua polsek jajaran kita instruksikan untuk memantau secara ketat penegakan disiplin protokol kesehatan di lingkungan sekitar, terutama di sejumlah objek wisata dan tempat keramaian lainnya," katanya.

Polsek jajaran yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan, sambung dia, bertanggung jawab terhadap penegakan disiplin protokol kesehatan yang ada di wilayah kerjanya.

Di Kabupaten Bangkalan, terdapat sejumlah objek wisata yang biasa dikunjungi wisatawan saat hari libur, termasuk libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kali ini, antara lain Bukit Jaddih, Kecamatan Socah, Bukit Kapur Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Pantai Siring Kemuning, Kecamatan Tanjungbumi, Pantai Rongkang, Kecamatan Kwanyar, Bukit Lampion Beramah, Kecamatan Galis, Pantai Gebang, Kecamatan Bangkalan, dan Mercusuar Sembilangan, Kecamatan Socah.

Selain objek wisata alam, sejumlah objek wisata yang menjadi tempat bermain anak, seperti kolam renang juga banyak dikunjungi warga saat momen liburan Lebaran seperti sekarang ini, salah satunya Wisata Kolam Renang Banyu Mulya Chadia di Kecamatan Socah.

Baca juga: Kebun Raya Bedugul Bali dipadati wisatawan, prokes diperketat

Pada Rabu, sejumlah personel Polsek Socah terpantau mendatangi pengelola objek wisata kolam renang ini, dan meminta agar para pengunjung memperhatikan disiplin protokol kesehatan, serta melarang pengelola menerima pengunjung lebih dari 30 orang.

"Yang perlu diperhatikan, pengunjung tidak boleh lebih dari 30 orang, sebab saat ini pandemi masih berlangsung. Jadi, mohon diperhatikan untuk kebaikan kita semua," ujar Kapolsek Socah Iptu Suharijanto.

Di objek wisata ini, ia juga memberikan masker kepada sejumlah orang tua yang mengantar putra dan putrinya berenang, akan tetapi tidak menggunakan masker.

Di tempat berbeda, petugas dari Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Bangkalan juga menggelar operasi yustisi dan membagikan masker serta imbauan kepada masyarakat pengguna transportasi kapal laut di Pelabuhan Kamal, Bangkalan.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menekan penyebaran COVID-19, sehingga kami perlu melakukan pendekatan pada masyarakat, memberikan rasa aman di tengah masyarakat, apalagi saat ini masih berada dalam suasana mudik Lebaran," kata anggota Satpolairud Polres Bangkalan Aiptu Singgih Dwi.

Penumpang kapal feri dari Dermaga Ujung yang tiba di Kamal, Bangkalan diminta untuk menggunakan masker, dan bagi yang tidak menggunakan masker diberi langsung oleh petugas, dan demikian juga penumpang dari arah sebaliknya.

Baca juga: Gubernur Jateng ingatkan pengelola wisata terapkan prokes ketat
Baca juga: Selama libur lebaran objek wisata di Paser buka dengan prokes ketat
Baca juga: Satgas tingkatkan razia prokes COVID-19 di hotel-tempat wisata Cianjur

Pewarta: Abd Aziz
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022