Tomohon (ANTARA) - Danau Linow, Kota Tomohon, Sulawesi Utara menjadi tempat alternatif wisata warga saat mengisi waktu liburan Lebaran 2022.

"Danau ini unik, suasananya adem. Hampir setiap kali kami berlibur ke Tomohon, danau ini selalu menjadi alternatif untuk dikunjungi," kata Martini, warga Sulawesi Tengah di Tomohon, Rabu.

Danau Linow, salah satu destinasi wisata di Provinsi Sulawesi yang dapat diakses menggunakan kendaraan. Dari Kota Manado ditempuh kira-kira 75 menit dengan jarak sekitar 34 kilometer.

Air danau kerap berubah warna, kadang hijau hingga biru tua. Tempat itu tak pernah sepi dari pengunjung, tak terkecuali hari libur.

Baca juga: Polisi antisipasi lonjakan wisatawan di Kota Batu

Di hari biasa, kepadatan pengunjung biasanya terjadi pada Sabtu dan Minggu. Area parkir yang disediakan di kawasan puncak dan sekitar danau, seakan tak mampu menampung banyaknya kendaraan.

Pengunjung, tak hanya warga lokal. Warga yang berlibur dari luar daerah juga ikut menikmati panorama yang disuguhkan danau vulkanik tersebut.

Sesekali di sekitar danau keluar asap putih dengan bau khas belerang.

Selain memanjakan mata pengunjungnya, salah satu kekhasan makanan ringan yang suguhkan adalah "goroho stick" serta kue tradisional "apang" dan cucur (berbahan dasar tepung dan gula aren). Seakan tak lengkap bila tidak ditemani "sambal roa".

Dengan karcis masuk Rp30.000 per orang, pengunjung bisa mengakses keindahan alam tanpa batas plus secangkir kopi atau teh.

"Kehadiran destinasi wisata ini semakin memperkaya aset pariwisata Kota Tomohon. Mudah-mudahan bisa menopang perekonomian daerah," kata Agustine, wisatawan lokal.

Baca juga: Wisata Air Putri Waiyoho dibanjiri pengunjung setelah H+1 Lebaran
Baca juga: Ribuan wisatawan padati objek wisata pantai di Gunung Kidul

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022