Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari prediksi puncak arus balik hingga hepatitis misterius.

1. Menko PMK: Pelabuhan Panjang akan dijadikan pelabuhan alternatif

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Pelabuhan Panjang, Bandarlampung akan dijadikan alternatif angkutan mudik pada arus balik Lebaran 2022.

"Menindaklanjuti hasil evaluasi arus mudik dua hari lalu, kesimpulannya perlu ada alternatif jalur pelabuhan di luar Bakauheni," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Polres Cirebon Kota sediakan gerai vaksin di KM 208 B Tol Palikanci

Polres Cirebon Kota menyediakan gerai vaksin bagi para pemudik ataupun pengendara yang menjalani arus balik ke arah barat atau Jakarta di Rest Area KM 208 B Jalur Tol Palikanci, Cirebon.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Puncak arus balik di Tol Palikanci diprediksi terjadi 6-8 Mei 2022

Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar mengatakan puncak arus balik Lebaran 2022 di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) akan terjadi pada 6-8 Mei mendatang.

"Ya jadi prediksi arus balik Lebaran itu pada tanggal 6, 7, 8 dan nanti berdasarkan instruksi Korlantas Polri akan diberlakukan 'one way' (satu arah)," ujar dia.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. BMKG prakirakan sejumlah kota besar diguyur hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan berintensitas ringan hingga sedang akan mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia, Rabu (4/5).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id dilaporkan hujan disertai petir melanda kota besar di Sumatera seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Jambi, Palembang dan Bandar Lampung. Sedangkan wilayah Padang diprakirakan berawan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Mantan pejabat WHO: Hepatitis misterius belum tentu mewabah luas

Mantan Direktur Penyakit Menular Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan hepatitis misterius belum tentu mewabah di dunia meski berstatus kejadian luar biasa (KLB).

"Hepatitis akut berat masuk dalam Disease Outbreak News (DONs) WHO 15 April 2022, yang berbagai berita menyebutnya sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh WHO," katanya.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022