Jakarta (ANTARA) - Pos Pengamanan (Pospam) Sumber Artha menyediakan layanan vaksinasi penguat (booster) untuk para pemudik yang melintas di Jalan Raya Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Posko kesehatan disiagakan 24 jam. Ini disiapkan 24 jam, lengkap dengan vaksinasinya maupun layanan kesehatan," kata Perwira Pos Pengamanan Sumber Artha Ipda HB Suhanda saat dijumpai di lokasi pada Kamis.

Petugas di pos ini berasal dari Puskesmas Pondok Gede, Pondok Melati, Jatisampurna dan wilayah Bekasi Barat. "Mereka bergantian jaga," katanya.

Petugas kesehatan di Pospam Sumber Artha melayani vaksinasi "booster" dengan merek vaksin Moderna. Syarat pertama yang harus dipenuhi calon penerima vaksin adalah menunjukkan bukti sertifikat vaksin pertama dan kedua di aplikasi PeduliLindingi.

"Tadi ada dua pasien, tapi satu gagal karena darah tinggi. Dia diistirahatkan sampai setengah jam, tapi tetap tinggi, jadi kami batalkan," kata Nova Suzanna, perawat yang bertugas di Puskesmas Jatibening.

Nova mengatakan, vaksinasi "booster" di Pospam ini untuk usia 18 tahun ke atas. "Ibu hamil belum diperkenankan untuk mendapatkan vaksin sementara ibu menyusui masih bisa," katanya.

Ia menambahkan, vaksinasi "booster" di Pospam ini tidak hanya terbatas untuk pemudik, melainkan juga masyarakat sekitar yang melintas di Jalan Raya Kalimalang.

Penerima vaksin juga tidak terbatas hanya warga dengan domisili Jabodetabek. Selama pemudik memiliki KTP, lanjut Nova, mereka bisa mendapatkan layanan vaksinasi.

"Kalau bisa ada fotokopi KTP. Kadang ada pemudik yang tidak membawa fotokopi, ya mau tidak mau bisa tulis tangan, tapi tulisannya agak lebih bagus supaya jelas," katanya.

"Biasanya kami input langsung ke PeduliLindungi. Jadi tidak lama, sertifikat keluar," kata Nova.

Baca juga: Pemudik diimbau hindari puncak arus balik di Terminal Kalideres
Baca juga: Pospam Kalimalang sediakan tempat istirahat bagi pemudik

 
Petugas kesehatan tengah berjaga di Pos Pengamanan (pospam) Sumber Artha, Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (5/5/2022). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Selain syarat bukti vaksinasi pertama dan kedua serta KTP, Nova mengatakan, calon penerima vaksin harus memiliki kesiapan fisik seperti jangan mengabaikan perut kosong.

Selanjutnya, petugas akan melakukan cek kesehatan pemudik, termasuk cek tekanan darah dan cek riwayat kesehatan. Jika semua syarat terpenuhi, maka pemudik bisa mendapatkan suntik vaksin booster.

Selain layanan vaksinasi, Pospam Sumber Artha juga menyediakan layanan kesehatan lainnya termasuk obat-obatan dan tempat istirahat untuk pemudik.

"Sakit yang membutuhkan istirahat bisa di sini pinjam di ruangan polisi atau kalau mau di ambulans juga ada tempat tidur. Kami bawa ambulans," kata Nova.

Menurut Nova, mobil ambulans di Pospam bersiap selama 24 jam terutama sebagai upaya antisipasi apabila terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Kalimalang.

Jika pasien mengalami kondisi buruk dan membutuhkan tindakan lebih lanjut, pihaknya akan merujuk ke UGD rumah sakit terdekat, seperti RS Harum Sisma Medika, RS Primaya Bekasi Barat, RS Budi Lestari atau RS Hermina Galaxy.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022