Kami menjamin ketersediaannya di masa arus puncak tersebut
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten memastikan kenyamanan penumpang untuk penanganan bagasi, kelancaran transportasi dan ketersediaan troli saat lonjakan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022.

“Kami melakukan koordinasi juga dengan berbagai stakeholders (pemangku kepentingan) untuk kelancaran di area bagasi,” kata Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta M Holik Muardi di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Banten, Jumat.

Sekitar 140.000-150.000 orang penumpang per hari diperkirakan akan memadati Bandara Soetta pada masa puncak arus balik Lebaran 2022 yang diprediksi mulai Sabtu (7/5) sampai Senin (9/5).

Hal serupa juga dilakukan pada saat arus mudik berlangsung.

Holik menuturkan pada arus balik, pihaknya berfokus pada area kedatangan untuk memastikan penumpang dapat terlayani dengan optimal meskipun terjadi lonjakan penumpang.

Baca juga: AP II perkirakan lalu lintas penerbangan kembali meningkat pada 4 Mei

Baca juga: Kapolda dan Pangdam Jaya cek situasi mudik di Bandara Soekarno Hatta

 

Koordinasi penanganan bagasi dilakukan agar bagasi dapat cepat dan baik diperoleh para penumpang.

Selain itu, pengelola Bandara Soekarno Hatta juga memastikan kenyamanan dan ketersediaan transportasi yang memadai untuk mobilisasi penumpang dari terminal kedatangan seperti kereta bandara, bus dan taksi.

“Ada taksi online maupun reguler. Kami menjamin ketersediaannya di masa arus puncak tersebut,” tuturnya.

Pihak pengelola Bandara Soetta juga telah menambah sumber daya manusia (SDM) untuk pengumpul troli supaya perputaran troli lebih cepat sehingga troli dapat digunakan penumpang terus menerus.

“Tentu kami hire (menyewa) orang lagi untuk menjaga kecukupan troli di area kedatangan,” tuturnya.

Di samping itu, pengelola Bandara Soekarno Hatta mengimbau para penumpang untuk senantiasa menggunakan masker sebagai bagian penting dalam protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Ia mengatakan para penumpang harus menggunakan masker yang sesuai dengan standar untuk perlindungan diri. “Tetaplah patuhi protokol kesehatan, pakai hand sanitizer. Jangan abai,” kata Holik.

 

Baca juga: AP II tambah armada dan SDM antisipasi peningkatan arus balik Lebaran

Baca juga: AP II: Jumlah pemudik Bandara Soetta hampir dekati sebelum pandemi


 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022