Rata-rata destinasi dengan kenaikan 20 persen atau di bawahnya memang sudah tinggi pada angka awal kunjungannya.
Sleman (ANTARA) - Kunjungan wisatawan di destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  meningkat signifikan pada H+2 Lebaran 2022, Kamis (5/5),  dibandingkan H+1.

"Terhitung dari Kamis (5/5) rata-rata pengelola destinasi wisata di Sleman melaporkan kenaikan kunjungan kisaran 16 persen sampai dengan 89 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono di Sleman, Jumat.

Menurut dia, kunjungan wisatawan di destinasi Kaliurang naik dari 5.152 menjadi 6.116 pada Kamis (5/5), atau meningkat 16 persen. Hal serupa juga dialami destinasi Bhumi Merapi dan Obyek Wisata Alam (OWA) yang dikelola BalaI TNGM yaitu Tlogo Muncar, Kalikuning Park & Plunyon meningkat 20 persen.

"Rata-rata destinasi dengan kenaikan 20 persen atau di bawahnya memang sudah tinggi pada angka awal kunjungannya," katanya.

Baca juga: Lebaran, kelong apung di Bintan diburu turis lokal hingga asing

Ia mengatakan, peningkatan signifikan terpantau dari kunjungan wisatawan ke destinasi wisata lereng Gunung Merapi di Kaliadem, Cangkringan yang meningkat 70 persen, dari angka kunjungan 3.415 menjadi 5.797 wisatawan.

"Demikian juga untuk destinasi Candi Prambanan peningkatan kunjungan mencapai 89 persen dari 11.626 pengunjung menjadi 21.945 wisatawan," katanya.

Kemudian destinasi wisata Taman Tebing Breksi di Prambanan juga terjadi peningkatkan kunjungan wisatawan sekitar 67 persen, Waterpark Citra Grand naik 86 persen, Studio Alam Gamplong Moyudan kunjungan naik 62 perse , Jogja Eksotarium dan Sindu Kusuma Edupark (SKE) naik 35 persen.

"Kami memprediksi angka kunjungan walaupun sedikit akan terus meningkat sampai dengan Minggu (8/5). Prediksi tersebut didasari dengan masih banyaknya kendaraan luar daerah yang berada di DIY, dan tingkat hunian hotel di Sleman rata-rata masih 'fully booked' sampai Sabtu 7 Mei," katanya.

Baca juga: Ribuan wisatawan padati Pantai Pukan pada H+4 Lebaran

Suparmono mengatakan, Sleman yang berada di jalur strategis pada ruas jalan antarprovinsi juga memberikan keleluasaan bagi pelaku perjalanan arus balik mudik untuk mampir berwisata di Sleman.

"Saya yakin teman-teman pengelola destinasi wisata mampu menangkap peluang serta menjaga konsistensi layanan terbaiknya bagi wisatawan," katanya.

Seperti di Taman Tebing Breksi setiap hari mulai pukul 16.00 WIB digelar Event Lebaran dengan atraksi-atraksi yang menarik, SKE dengan bianglalanya, di Jogja Eksotarium ada petualangan Jeep Off Road yang menantang, di Water Park Citra Grand Gamping digelar Snow Party Lebaran, dan Kaliurang Carnival dengan suguhan lampion dan balon udaranya.

"Kemudian Jip Wisata Lava Tour di Kaliadem, Cangkringan juga destinasi-destinasi disekitarnya termasuk Kopi Merapi, Studio Alam Gamplong dengan setting kotanya yang baru, dan juga destinasi-destinasi lainya," katanya.
Kunjungan wisatawan di objek wisata lereng Gunung Merapi Cangkringan, Sleman pada libur Lebaran 2022. Foto ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sleman9

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022