Sleman siap menyambut wisatawan dan memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata yang ada
Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut dan memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung di sejumlah destinasi yang ada di wilayah itu selama libur Lebaran tahun ini.

"Sleman siap menyambut wisatawan dan memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata yang ada," kata Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa sesuai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 H di Lapangan Sendangadi, Kapanewon Mlati, Sabtu.

Menurut dia, Pemkab Sleman telah berkoordinasi dengan pengurus objek wisata untuk mempersiapkan fasilitas dalam menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Sleman.

"Kami sudah koordinasi dengan Forkopimda terkait persiapan mengantisipasi usai Lebaran, terutama mungkin terkait kepadatan di titik wisata yg ada di Sleman," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan imbauan kepada semua pengurus, pengelola dan anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis) agar menyiapkan objek wisata masing-masing untuk menyambut tamu dengan sebaik-baiknya.

"Termasuk juga koordinasi dengan jajaran Polri, TNI dan instansi terkait lainnya untuk memantau terus lalu lintas, terutama jalur wisata. Apabila terjadi kemacetan, maka akan dilakukan antisipasi alternatif jalur, nanti sudah dikomunikasikan," katanya.

Danang juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman telah mempersiapkan antisipasi menghadapi arus balik mudik.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan petugas di lapangan, telah dipersiapkan pos-pos pemantauan Lebaran, terutama untuk di jalan provinsi, khususnya pada area Prambanan, Tempel, dan Wates.

"Sudah kami siapkan petugas dan PMI untuk mengecek kesehatan. Sehingga arus balik pun yang akan keluar dari Sleman akan terpantau dengan lancar," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa beserta keluarga melaksanakan Sholat Idul Fitri 1444 H pada hari ini di Lapangan Sendangadi, Kapanewon (Kecamatan) Mlati.

Shalat berjamaah dipimpin oleh imam sekaligus khotib KH Achmad Fadly Fauzi, pengasuh ponpes Miftahussalam Karanggeneng Sendangadi.

Danang menyampaikan ucapan selamat Lebaran kepada seluruh warga Kabupaten Sleman yang telah melaksanakan Sholat Idul Fitri, baik pada hari ini maupun Jumat (21/4).

Ia berharap pada Hari Raya Suci ini masyarakat Sleman dapat semakin maju, sukses, dan sejahtera sehingga dapat bersama membangun Sleman menjadi rumah bersama.

Baca juga: Bupati Sleman larang warga bunyikan petasan saat malam Lebaran
Baca juga: Pemkab dan Forkopimda Sleman pantau arus mudik Lebaran

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023