Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di wilayah itu pada masa "low season" masih cukup tinggi terutama di objek wisata favorit.

"Tercatat kunjungan wisatawan ke Sleman pada masa 'low season' (September) masih cukup tinggi, bahkan untuk destinasi favorit mencapai puluhan ribu wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Yazid di Sleman, Kamis.

Menurut dia, untuk kunjungan wisatawan ke destinasi ke Kaliurang mencapai 36.736 wisatawan hingga 28 September 2023.

"Sedangkan destinasi wisata Taman Tebing Breksi Prambanan menyentuh angka 40.298 orang untuk wisatawan domestik dan 417 wisatawan mancanegara," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan wisatawan pada September itu tergolong masih cukup tinggi, sebab pada Agustus destinasi wisata Kaliurang dikunjungi sebanyak 39.417 wisatawan dan Tebing Breksi tercatat ada kunjungan 28.910 wisatawan domestik dan 297 wisatawan mancanegara.

Baca juga: Dispar Sleman: Pengelola destinasi wisata harus kelola sampah mandiri

"Sleman ini memiliki aneka ragam destinasi wisata, mulai dari destinasi alam pegunungan, perbukitan, kuliner dan destinasi buatan seperti berbagai wahana permainan dan ini masih menjadi pilihan utama wisatawan," katanya.

Ishadi mengatakan, selama tahun 2023 diharapkan kunjungan wisata ke Sleman bisa menyentuh angka di atas tujuh juta wisatawan.

"Jika dilihat dari catatan hingga saat ini, angka tujuh juta kunjungan wisatawan tersebut akan tercapai," katanya.

Ia mengatakan, hingga September kunjungan wisatawan ke Sleman sudah mencapai 76,47 persen. Atau sudah dikunjungi sekitar 5.352.685 wisatawan.

"Dari catatan jumlah kunjungan tersebut, maka kami sangat optimistis target kunjungan wisatawan tahun ini bisa tercapai," katanya.

Baca juga: Wabup : Ajang "Tour de Ambarrukmo" bantu promosi wisata Sleman
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023