Kami di tim terpadu bersama Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub akan memantau langsung kondisi Terminal Daya hari ini. Kami tentunya berharap tidak terjadi penumpukan penumpang yang begitu panjang
Makassar (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan Aruddini mengatakan pihaknya bersama Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, siap turun memantau pergerakan arus balik Lebaran 2022 di Terminal Daya Makassar, Sabtu ini.

"Kami di tim terpadu bersama Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub akan memantau langsung kondisi Terminal Daya hari ini. Kami tentunya berharap tidak terjadi penumpukan penumpang yang begitu panjang," katanya di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan tim terpadu memfokuskan ke area Terminal Daya karena menjadi salah satu titik yang diprediksi akan menjadi lokasi tersibuk dalam dua hari terakhir ini.

Ia menjelaskan tim terpadu tetap memantau sejumlah titik yang selama ini sering terjadi kemacetan seperti halnya di jalur Simpang 5 Mandai, Kabupaten Maros dan Cappa Bungaya Gowa.

Tim terpadu yang terdiri atas unsur kepolisian, Dishub Sulsel, Dishub Makassar termasuk pengelola Terminal Daya terus memperkuat koordinasi dan menyiapkan berbagai opsi-opsi untuk mengihndari terjadinya kemacetan parah.

"Kita siaga semua, namun puncak koordinasi kita di Terminal Daya. Kita antisipasi berbagai kemungkinan-kemungkinan yang bisa memunculkan kemacetan khususnya pada 7 dan 8 Mei 2022 ini," kata Aruddini ​​​​​​​.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman telah menginstruksikan instansi terkait bersama kepolisian untuk dapat melakukan rekayasa lalu lintas khususnya pada daerah atau titik-titik kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Ia mengatakan rekayasa lalu lintas dapat berupa pemberlakuan sistem satu arah dan contra flow, mengatur jam operasional bus dan truk pada ruas jalan dan trayek tertentu.

“Poin-poin penting titik kerawanan dan juga beberapa truk kita larang untuk berlalu lalang pada pada arus mudik dan balik ini. Di masa puncak-puncak mudik kita larang dulu mobil besar di wilayah akses tertentu,” demikian Andi Sudirman Sulaiman ​​​​​​​.

Baca juga: Anggota DPR tinjau kesiapan arus mudik Lebaran 2022 di Sulsel

Baca juga: Gubernur Sulsel instrusikan rekayasa jalan tekan kemacetan arus balik

Baca juga: Pemudik antarkabupaten mulai padati Terminal Daya Makassar

Baca juga: Puncak arus balik di pelabuhan Makassar diprediksi H+5


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022