Palembang (ANTARA News) - Usai menyelenggarakan SEA Games XXVI di Palembang, Pemprov Sumatera Selatan akan meningkatkan pembangunan, antara lain membangun pusat kegiatan Islam (Islamic Center) tercanggih di Indonesia dan mewujudkan Masjid Sriwijaya sebagai masjid tercantik.

"Di Palembang ini akan dibangun Islamic Center tercanggih di Indonesia dan Masjid Sriwijaya yang juga tercantik," kata Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, pada acara peringatan 1 Muharam (Tahun Baru Islam) di Masjid Agung, Palembang, Sabtu (26/11) malam.

Menurut dia, Islamic Center itu akan dibangun dekat dengan kampus IAIN Raden Fatah yang rencananya akan diubah menjadi universitas (UIN).

"Momentum SEA Games kemarin membuat mata dunia tertuju pada Sumsel, sehingga banyak investor yang masuk ke Sumsel," ujar Alex.

Karena itu, pembangunan di Sumsel ini harus terus menerus ditingkatkan, apalagi akan banyak event-event internasional yang dilaksanakan di Sumsel, ujar dia pula.

Alex mengatakan, pada Januari 2012 nanti akan diadakan konferensi negara-negara Islam dunia di Palembang.

Selain itu, juga pada 2012 nanti akan diadakan kejuaraan sepak takraw, sepatu roda, voli, dan ski air yang skalanya internasional, kata dia.

Menurut dia, masuknya investor dan terselenggara event-event internasional ini dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan mengurangi pengangguran di Sumsel.

"Saya berjanji dalam 3-4 tahun ke depan tidak ada lagi pengangguran di Palembang," kata dia.

Tahun baru Islam

Masjid Agung Palembang menggelar peringatan 1 Muharam 1433 Hijriah, Sabtu malam, dihadiri Gubernur Sumsel, dengan memilih tema "Semarak 1 Muharam 1433 Hijriah".

Dalam peringatan ini, juga diselenggarakan syukuran doa bersama sukses SEA Games XXVI di Palembang yang baru saja usai, 11-22 November 2011.

"Kesuksesan SEA Games XXVI di Palembang yang baru saja usai harus kita syukuri," ujar Alex Noerdin pula.

Rasa syukur itu, kata dia, juga harus kita implementasikan melalui doa seperti pada malam ini.

Alex juga mengatakan, kesuksesan ini bukan hanya kesuksesan menyelenggarakan SEA Games, tapi juga sukses prestasi dan sukses menggerakkan perekonomian rakyat.

Tabligh akbar yang merupakan acara inti peringatan Tahun Baru Islam dibawakan oleh Ustadz H Muhammad Usman Ansori SQ MA atau yang lebih akrab dipanggil Koko Liem.

Penampilan Koko Liem malam itu, berhasil memukau ratusan jamaah yang memadati Masjid Agung Palembang.

Tilawah Quran pada acara itu dibawakan oleh H Mukmin Ainul Mubarok yang pernah meraih juara I MTQ Internasional di Malaysia 2008 dan Juara I MTQ Internasional di Iran 2009.

Rangkaian acara ditutup dengan zikir taubat bersama yang dipandu oleh KH M Zen Syukri dan KH A Nawawi Dencik Al Hafizh.

(ANT-311/B014)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011