Sidoarjo (ANTARA) - Petugas Polresta Sidoarjo melakukan tes urine kepada puluhan pengemudi dan kru bus di Terminal Purabaya Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai salah satu upaya memberikan kenyamanan kepada penumpang saat arus balik Lebaran 2022.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan sehubungan dengan mulai ramainya situasi arus balik Lebaran, Satres Narkoba Polresta Sidoarjo bersama Biddokkes Polda Jawa Timur melakukan tes urine kepada pengemudi bus di Posko Terpadu Terminal Purabaya.

"Tes urine di Terminal Purabaya dilakukan secara acak sampai 8 Mei 2022," ujarnya.

Baca juga: Sopir bus mudik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo ikuti tes urine

Pada tes urine hari ini, kata dia, tidak ada pengemudi maupun kru bus yang positif mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut guna mewujudkan keselamatan lalu lintas dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya penumpang bus dalam perjalanan arus balik Lebaran.

“Tes urine secara acak dilakukan dalam dua hari ini. Harapannya untuk memastikan pengemudi dan kru bus yang melayani perjalanan mudik dalam kondisi sehat dan tidak terindikasi penggunaan narkoba," ujar Kusumo.

Baca juga: BNN tes urine sopir di Terminal Kampung Rambutan

Ia mengatakan, jika dalam pelaksanaannya terdapat pengemudi dan kru bus yang positif narkoba, akan dikoordinasikan dengan pihak PO bus agar yang bersangkutan tidak melanjutkan perjalanannya.

"Kemudian akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Satres Narkoba Polresta Sidoarjo," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya memberikan imbauan kepada pengemudi, kru, dan penumpang bus supaya mereka tetap mematuhi protokol kesehatan selama melakukan perjalanan.

Baca juga: 156 sopir jalani tes urine di Terminal Kalideres

"Salah satunya tetap mengenakan masker selama dalam perjalanan," ujar dia.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022