Cianjur (ANTARA News) - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Cianjur, Jabar, mencanangkan program Gerakan Tangan Di atas (Gertas).

Hal tersebut tercetus ketika digelarnya Silaturahmi Kerja Daerah (Silakda) di Bale Praja, lingkungan Pendopo Pemkab Cianjur, Minggu.

Selain diisi dengan pelantikan pengurus 38 Organisasi Satuan (Orsat) ICMI di seluruh wilayah Cianjur, ratusan kaum cendikia itu, sempat melakukan orasi ilmiah yang disampaikan tokoh ICMI pusat, Dr Marwah Dauh Ibrahim, Ph.D.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh, perwakilan Kapolres Cianjur, Dandim 0608 Cianjur, pejabat dinas dan lembaga serta perwakilan ICMI Propinsi Jabar dan ratusan pengurus serta kader muda ICMI Cianjur.

Ketua Umum ICMI Orda Cianjur, Saepul Millah, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat eksistensi dan fungsi ICMI untuk menunjang visi peningkatan Cianjur yang lebih sejahtera dan berahlakulkarimah.

Sedangkan terkait Program Gertas yang dicanangkan tersebut, kata dia, sebagai langkah nyata ICMI dalam upaya pemberdayaan ummat.

"Gertas ICMI diharapkan menjadi jembatan alternatif untuk menghubungkan donatur dengan kaum dhuafa yang menerima bantuan," katanya, Minggu.

Gerakannya tersebut, ungkap dia, akan dibangun berdasarkan prinsip semangat keihklasan, kesukarelaan, sikap jujur dan akuntabilitas. Hasil akhirnya semoga dapat menginisiasi terbentuknya Gertas Foundation, sebagai wadah atau jembatan sosial dan kemanusiaan.

Sedangkan Ketua Korwil ICMI Jabar, Prof. Dr. Burhan, menyebutkan, organisasi satuan di setiap wilayah di Cianjur, akan lebih dioptimalkan untuk mendukung Program Gertas tersebut.

Bahkan, pihaknya menginstruksikan setiap orsat untuk memiliki program pemberdayaan ummat secara jelas dan terarah setiap tahunnya.

"Setiap orsat nantinya harus memiliki keterampilan maupun garapan yang berkarakter terkait upaya pemberdayaan ummat ini. Sehingga Orsat harus menjadi ujung tombak dari program Gertas," ucapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh, dalam sambutannya, berharap, ICMI semakin memantapkan perannya ke arah pemberdayaan masyarakat, terutama pengembangan ekonomi kerakyatan.

Peran ICMI tersebut, ungkap dia, sangat diperlukan di tengah berbagai perubahan sosial, politik, budaya, dan keagamaan yang berlangsung cepat.

"Terkait Program Gertas, kami sangat mendukungnya. Harapan pemerintah tentunya ICMI ke depan dapat menjadi pelopor perubahan terhadap berbagai ketimpangan di masyarakat," katanya.

Usai menyampaikan sambutan orang nomor satu di Cianjur itu, sempat menyerahkan bantuan Rp10 juta, sebagai dukungan untuk Program Gertas. Dia berharap program tersebut dapat menjadi solusi dalam memberdayakan ummat dan masyarakat Cianjur.

(U.KR-FKR/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011