Jambi (ANTARA) - Sebanyak 1.406 orang penumpang angkutan umum bus masuk Terminal Alam Barajo Jambi selama arus balik libur Lebaran Idul Fitri tahun 2022.

"Sampai dengan 9 Mei 2022 ada 1.406 orang yang sudah masuk Terminal Alam Barajo yang merupakan penumpang angkutan umum bus," kata Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Alam Barajo Kota Jambi Ibrahim di Jambi, Senin.

Baca juga: Penumpang keluhkan harga tiket bus yang masih tinggi

Jika dibandingkan dengan data arus mudik lebaran tahun 2022, masih ada sekitar 75 persen pemudik yang belum kembali ke Kota Jambi.

Dimana pada arus mudik tahun 2022 yang terjadi dari tanggal 28 April 2022 sampai dengan 1 Mei 2022 jumlah penumpang yang melakukan perjalanan mudik dengan angkutan umum melalui Terminal Alam Barajo sebanyak 5.773 orang dengan jumlah kendaraan sebanyak 214 unit.

Baca juga: Arus balik di Terminal Pulo Gebang diperkirakan hingga 12 Mei

Pada Minggu (8/5) terdapat 13 unit bus yang tiba di Terminal Alam Barajo Jambi dengan jumlah penumpang sebanyak 254 orang. Dan terdapat 18 unit bus yang berangkat dari Terminal Alam Barajo Jambi dengan jumlah penumpang sebanyak 418 orang.

"Belum ada peningkatan jumlah penumpang yang signifikan pada arus balik libur lebaran, diperkirakan masih ada 4.367 penumpang lagi yang belum kembali ke Jambi," kata Ibrahim.

Baca juga: Jumlah penumpang arus balik Terminal Kalideres mulai alami penurunan

Sementara itu pantauan di jalan lintas sumatera melalui pos pelayanan mudik di beberapa lokasi di wilayah Provinsi Jambi. Puncak arus balik di Jambi mulai terjadi pada H+3 hari raya Idul Fitri 1443 hijriah. Dimana pada H+3 tersebut di dominasi oleh kendaraan pribadi yang berasal dari luar Pulau Sumatera, diantaranya berasal dari Jakarta, Bandung, Bogor dan daerah lainnya di Pulau Jawa.

Selanjutnya pada H+4 arus balik di dominasi oleh kendaraan dari provinsi di Pulau Sumatera, seperti dari Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Lampung. Dan pada H+5 arus balik di dominasi oleh pemudik antar kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Jambi. Dimana hal tersebut terpantau dari seri nomor kendaraan bermotor.

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022