Perayaan Idul Fitri kali ini dilaksanakan secara terbuka setelah Pemerintah Kuwait memutuskan mencabut pembatasan terkait COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Warga negara Indonesia (WNI) di Kuwait bersama Duta Besar RI untuk Kuwait Lena Maryana Mukti merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah pada 2 Mei 2022 di kawasan Masjid Indonesia yang berada di wilayah Reggae.

“Perayaan Idul Fitri kali ini dilaksanakan secara terbuka setelah Pemerintah Kuwait memutuskan mencabut pembatasan terkait COVID-19 pada 27 April 2022. Masyarakat telah bebas beraktivitas mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan selama libur Idul Fitri 1443 H,” kata Lena dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Setelah menjalankan puasa, Tarawih, dan ibadah lain selama bulan suci Ramadhan, masyarakat Indonesia di Kuwait bersama-sama menyambut hari raya dengan melaksanakan Shalat Id di kawasan Masjid Indonesia yang berada di wilayah Reggae.

Sholat Id yang dilaksanakan di lahan parkir sekitar masjid tersebut dihadiri lebih dari 700 warga negara Indonesia beserta keluarga dan penduduk setempat.

Khutbah Id disampaikan oleh KH Ayi Abdul Rosyid, Pemimpin Pondok Pesantren Al Multazam Kuningan, Jawa Barat. Tema perayaan Idul Fitri 1443 H di Masjid Indonesia adalah “Rajut Persaudaraan Bersama Meraih Kemenangan”.

Lebih lanjut, Dubes Lena Maryana menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Ustaz Abdul Rosyid yang telah berbagi ilmunya kepada seluruh jamaah selama 1 bulan berada di Kuwait melalui ceramah dan kajian Ramadhan setiap pekan.

Duta Besar RI juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada putra-putra WNI, para hafiz Quran, yang menjadi imam Shalat Tarawih selama bulan Ramadhan.

“Setelah saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan, masyarakat Indonesia dan seluruh jamaah yang hadir selanjutnya menikmati hidangan khas Indonesia yang disiapkan oleh Takmir Masjid Indonesia dan panitia perayaan Idul Fitri,” ujarnya pula.

Beberapa makanan khas Indonesia yang disiapkan di antaranya bakso, siomay, masakan padang termasuk rendang, dan lain-lain.

“Warga Indonesia yang hadir dan jamaah masjid terlihat sangat gembira merayakan hari Lebaran setelah selama dua tahun tidak dapat berkumpul bersama karena pandemi COVID-19,” kata Lena.
Baca juga: KBRI adakan halalbihalal virtual untuk WNI di Swedia, Latvia
Baca juga: WNI di Swedia sholat Ied bersama rayakan Idul Fitri

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022