Depok (ANTARA News) - Presiden Jerman Christian Wulff akan memberikan kuliah umum di Auditorium Terapung, Perpustakaan Pusat UI, Kampus Universitas Indonesia Depok, Kamis siang (1/12).

"Penyelenggaraan kuliah umum oleh kepala negara merupakan komitmen UI dalam mengembangkan budaya akademik yang berwawasan internasional," kata Plh Kepala Kantor Komunikasi UI I Ketut Surajaya, di Depok, Rabu.

Ia mengatakan, kuliah umum Presiden Jerman Christian Wulff akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh dan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri beserta sivitas akademika UI.

Sebelumnya, beberapa pemimpin dunia pernah memberikan kuliah umum di UI, antara lain adalah Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Perdana Menteri Perancis Francois Fillon, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, dan lainnya.

Sementara itu Kasubdit Pembinaan Lingkungan Kampus UI Dadan Erwandi mengatakan pengamanan kedatangan presiden Jerman tersebut dilakukan secara standar untuk kepala negara yaitu dibagi menjadi tiga ring.

Beberapa Anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan personel polisi serta TNI mulai berdatangan mengecek keamanan dan kesiapan kuliah umum Presiden Jerman di auditorium terapung, Perpustakaan UI.

Dadan menjelaskan untuk ring pertama dijaga oleh Paspampres, ring kedua TNI Polri, ring ketiga Satpam UI yang akan mengatur jalur lalu lintas masuk ke wilayah kampus.

Menurut dia acara kuliah umum yang akan digelar Kamis pukul 14.00 WIB itu, akan membuat kampus disterilkan dua jam sebelumnya. Khususnya di wilayah Masjid UI dan Perpustakaan UI tak boleh ada yang berlalu-lalang ataupun parkir.

Sedangkan Kabagops Polres Kota Depok Kompol Suratno mengatakan pihaknya akan berada bersama Kodim Depok di wilayah ring dua.

"Kita akan berada di ring dua, ring satu dijaga paspampres," jelasnya.

Ia berharap jalannya acara kuliah umum presiden Jerman berlangsung aman dan tertib.

(F006)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011