Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 69 BUMN bersaing memperoleh Anugerah BUMN 2011 Inovasi untuk Kinerja Unggul yang diselenggarakan BUMN Track.

Siaran pers BUMN Track di Jakarta, Rabu, menyebutkan, BUMN peserta memperebutkan gelar inovatif pada 12 kategori yang dilombakan.

Dua belas kategori itu adalah Inovasi Manajemen BUMN Terbaik, Inovasi Tata Kelola (GCG) BUMN Terbuka Terbaik, Inovasi Produk Manufaktur BUMN Terbaik, Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik, Inovasi Produk Jasa BUMN Terbaik, dan Inovasi Teknologi BUMN Terbaik.

Selain itu, kategori Inovasi Pemasaran BUMN Terbaik, Inovasi SDM BUMN Terbaik, Inovasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN Terbaik, Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik, Inovasi Strategi Bisnis Global BUMN Terbaik, dan Direktur Utama BUMN Inovatif Terbaik.

Peraih penghargaan terbanyak akan menyandang gelar BUMN Inovatif Terbaik (Best of the Best).

Penentuan pemenang dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari: Muhammad Said Didu (Ketua), Tanri Abeng, Pandu Djajanto, Wahyu Hidayat, Bagus Rumbogo, Ilham Habibie, Mas Ahmad Daniri, Avanti Fontana, Aviliani, A Fauzi, Syamsuddin Ch Haesy, Mahmud Husen (Sekretaris), Hadi M Djuraid ("ex officio" Ketua Panitia).

Penilaian dilaksanakan secara bertahap. Tahap I: BUMN peserta mengisi dan menyerahkan kuesioner sesuai dengan kategori yang diikuti. Tahap II: analisis kuesioner oleh tim "CIS School of Innovation". Dari analisis tersebut ditentukan BUMN peserta yang akan dipanggil untuk presentasi dan pendalaman kuesioner.

Tahap III: presentasi dan pendalaman kuesioner BUMN peserta yang terpilih di depan Panel Ahli. Panel Ahli adalah para pakar yang kompeten di bidangnya. Tahap IV: sidang dewan juri untuk menentukan peraih Anugerah BUMN 2011.

Penyerahan Anugerah BUMN 2011 akan dilakukan pada acara Malam Anugerah BUMN 2011, yang berlangsung pada Kamis (1/12) malam di Hotel Four Season, Jakarta.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan dan sejumlah mantan Menteri Negara BUMN dijadwalkan hadir dan menyerahkan penghargaan.

Anugerah BUMN 2011 "Inovasi Untuk Kinerja Unggul" dilaksanakan dengan tujuan memberikan penghargaan (award) kepada BUMN yang telah mengembangkan inovasi yang memberi dampak signifikan dalam peningkatan kinerja korporasi.

Juga untuk mendorong dan merangsang BUMN terus mengembangkan inovasi pada ranah organisasi , budaya kerja, dan bisnis, guna menghasilkan produk dan jasa yang yang unggul dalam persaingan.

Selain itu menjadi ajang bagi kalangan BUMN untuk unjuk kinerja terbaik kepada publik dan pemangku kepentingan dalam rangka memperkuat reputasi BUMN sebagai korporasi yang sehat, tangguh, dan konsisten menerapkan GCG.

BUMN Track adalah majalah bulanan yang diterbitkan oleh Forum Humas BUMN/PT Mediasuara Shakti. Media tersebut didedikasikan sebagai media yang mengulas isu, kinerja, capaian, kontribusi, dan kebijakan terkait BUMN.

(A039/B012)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011