Surabaya (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) II siap menggelar Navy Jazz Traffic Festival di kawasan pegunungan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang dijadwalkan berlangsung tanggal 14 Mei 2022.

Panglima Koarmada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto di Surabaya, Selasa, menjelaskan festival musik Jazz Traffic sebenarnya kegiatan rutin tahunan yang digelar oleh sebuah radio swasta Suara Surabaya.

"Selama dua tahun terakhir Jazz Traffic Festival vakum akibat pandemi virus corona atau COVID-19. Tahun ini, kami dukung untuk digelar kembali karena musik bisa menghilangkan stres," katanya saat konferensi pers.

Menurutnya, kawasan pegunungan, tepatnya di Villa Navy Residence, Kecamatan Lawang, dipilih karena ingin semakin mendekatkan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), khususnya Koarmada II, dengan masyarakat.

Baca juga: 1800 tiket donasi "Melody of Kindness" terjual habis

Baca juga: BNI beri penawaran menarik pada BNI Java Jazz Festival 2022


"Di TNI AL itu ada operasi militer selain perang. Contohnya, dalam kondisi sekarang, kami wajib ikut andil dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19. Dengan menggelar Navy Jazz Traffic Festival adalah salah satu caranya," tuturnya.

Laksda Iwan mengatakan dalam pagelaran Navy Jazz Traffic Festival selama sehari pada 14 Mei nanti, tidak sekadar menyuguhkan tontonan musik, tetapi juga akan menghibur masyarakat dengan atraksi pesawat tempur dan terjun payung.

"Tapi yang terpenting akan ada perputaran ekonomi yang cukup signifikan karena kami melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, menengah atau UMKM dengan menyiapkan sebanyak 160 peserta," ujarnya.

Dipastikan satu peserta UMKM mampu meraup penghasilan sedikitnya Rp5 juta atau bahkan lebih dari pengunjung yang hadir.

"Kapasitas pengunjung sebanyak 7.800 orang. Tiketnya yang seharga Rp250 ribu hingga Rp500 ribu sudah habis terjual," katanya.

Pangkoarmada Iwan memastikan pagelaran Navy Jazz Traffic Festival telah mendapat restu dan perizinan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Yudo Margono, Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Nurcahyanto, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Salah satunya yang akan tampil adalah Indonesia Navy Orchestra yang didatangkan langsung dari Jakarta oleh KASAL Laksamana Yudo Margono.

Selain itu dimeriahkan oleh bintang tamu Dewa 19 feat Virsha, Tulus, Reza Artamevia, Barry Likumahuwa dan Syahrani & Queenfireworks.

Pemimpin Redaksi Radio Suara Surabaya Eddy Prastyo mengucapkan terima kasih kepada Koarmada II atas kolaborasi atas   terselenggaranya kembali Jazz Traffic Festival.

"Kita berharap dengan terselenggaranya Navy Jazz Traffic Festival, ada sesuatu yang memberi harapan setelah dilanda pandemi," ujarnya.*

Baca juga: Perhelatan festival musik internasional kolaborasi pulihkan ekonomi

Baca juga: Java Jazz Festival 2022 umumkan "lineup" kedua & ketentuan pengunjung

Pewarta: A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022