Kabupaten Bogor (ANTARA) - Jumlah pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong kini tinggal satu orang, setelah angka penularan melandai di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Sekarang tinggal satu (pasien), semalam ada dua pasien, hanya yang satu sudah selesai. Artinya, sudah sangat turun drastis. Padahal dulu kasus COVID sampai 400 orang yang dirawat di sini," kata Direktur Utama RSUD Cibinong, dr Wahyu Eko Widiharso di Bogor, Selasa.

Menurutnya, penurunan kasus COVID-19 di Cibinong sudah terjadi sejak sebulan belakangan. Eko menganggap, vaksinasi merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam penurunan kasus ini.

Ia menyebutkan, tingkat keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Cibinong kini berada di kisaran angka satu hingga 10 pasien.

Baca juga: Belasan tenaga kesehatan Puskesmas Cibinong positif COVID-19

Baca juga: Satgas temukan klaster resepsi pernikahan di Cibinong-Cianjur


"Kalau dulu (varian) Delta, waktu Juli kemarin, ketika terkena langsung demam, sesak, banyak yang meninggal. Kalau sekarang sudah jarang. Kalau Omicron ini yang meninggal tidak terlalu banyak, paling satu persen, dua persen," ujar Eko.

Sementara, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersyukur kasus COVID-19 di Kabupaten Bogor kian melandai. Ia berharap penurunan kasus ini menjadi optimisme untuk pemulihan ekonomi ke depan.

"Alhamdulillah di RSUD Cibinong ini yang COVID tinggal satu, mudah-mudahan segera pulang. Ke depan kita optimistis kesehatan, ekonomi dan kegiatan lainnya, dengan kasus yang rendah, bisa kembali seperti biasa," kata Iwan.*

Baca juga: 12 orang di Pasar Cibinong reaktif hasil tes cepat COVID-19 oleh BIN

Baca juga: Bayi tiga bulan di Cibinong Bogor berhasil sembuh dari COVID-19

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022