Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyambut Presiden Republik Federal Jerman Christian Wulff di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis pagi, dalam suatu upacara penyambutan kenegaraan.

Keterangan resmi Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengungkapkan Presiden Jerman melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 30 November 2011-2 Desember 2011.

Di Indonesia, kata Faiza, Presiden Jerman akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Yudhoyono.

Kedua pemimpin akan membahas berbagai kemajuan dalam kerja sama bilateral Indonesia-Jerman yang dilanjutkan dengan jamuan santap malam kenegaraan untuk menghormati kunjungan itu.

"Kunjungan Presiden Christian Wulff ini diharapkan akan semakin memperkokoh hubungan diplomatik antara kedua negara, yang akan menginjak usia 60 tahun pada tahun 2012," kata Faiza.

Ia menjelaskan bahwa kedua pemimpin akan memanfaatkan pertemuan itu untuk menjajaki bidang-bidang kerja sama yang akan lebih dikembangkan di masa mendatang.

Dalam rangkaian acara kunjungan kenegaraan itu, Presiden Jerman juga akan menghadiri pertemuan bisnis dengan komunitas Jerman di Indonesia dan memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia.

Selain itu, Presiden Jerman juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan Ketua MPR Taufiq Kiemas dan Mantan Presiden B.J. Habibie, serta sejumlah tokoh agama, budayawan, dan masyarakat madani di Indonesia.

Presiden Jerman tiba di Indonesia pada Rabu malam (30/11) dan meninggalkan Indonesia, pada 2 Desember setelah mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata.(G003/A011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011