Jakarta (ANTARA News) - Blackstone Group dan Bain Capital sedang menyiapkan tawaran untuk membeli Yahoo Inc bersama mitra Asianya dalam sebuah kesepakatan yang menilai perusahaan Internet itu sekitar 25 miliar dolar.

Penawaran potensial oleh konsorsium, yang akan menyakup Alibaba Group China dan Japan's Softbank Corp, itu belum final, kata sumber dan dua orang lain yang dekat dengan persoalan itu sebagaimana dilaporkan Reuters.

Raksasa e-commerce China, Alibaba, yang berkepentingan untuk membeli kembali 40 sahamnya yang dimiliki Yahoo, tetap menjaga opsi terbuka dan mengatakan belum memutuskan apakah akan berpartisipasi dalam tawaran untuk seluruh Yahoo itu.

"Alibaba Group tidak membuat satu keputusan untuk menjadi bagian dari penawaran seluruh perusahaan Yahoo," juru bicara Alibaba Group John Spelich mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu (30/11).

Saham Yahoo yang ditutup pada 15,71 dolar di New York Stock Exchange pada Rabu, naik 6,4 persen menjadi 16,72 dolar di awal perdagangan Kamis (1/12), sehingga nilai kapitalisasi pasar perusahaan itu lebih dari 20 miliar dolar.

Sebuah penawaran untuk Yahoo pada 20 dolar per saham, berarti satu kesepakatan bernilai 25 miliar dolar berdasarkan pada 1,24 miliar lembar saham yang beredar, berpotensi menjadi kesepakatan terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

(S026)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011