Sydney (ANTARA News/AFP) - Standard & Poor`s, Jumat mengatakan, telah menurunkan peringkat kredit dari empat bank besar Australia sebagai bagian dari perubahan cara menilai risiko.

Westpac Banking Corporation, Commonwealth Bank of Australia, ANZ Banking Group dan National Australia Bank, semua peringkat kredit yang mereka miliki diturunkan satu tingkat dari AA menjadi AA minus.

Macquarie Group telah diturunkan peringkat jangka panjangnya dari A minus menjadi BBB.

Langkah ini, secara luas diperkirakan, setelah S&P mengatakan pihaknya meninjau kembali peringkat pada 37 bank terbesar di dunia sebagai bagian dari "penerapan kriteria penilaian baru bagi bank", didorong oleh gejolak di pasar keuangan global.

Awal pekan ini, pihkanya menurunkan peringkat bank-bank utama AS, termasuk Citigroup, Goldman Sachs, Wells Fargo, JPMorgan Chase, Morgan Stanley dan Bank of America.

Perubahan penilaian kembali risiko terkait dengan perbankan investasi, bagaimana bank-bank didanai, bagaimana likuiditas bank dan standar modal mereka.

Bagian dari alasan untuk pindah adalah untuk memungkinkan lebih banyak ruang bagi bank meningkatkan peringkat mereka, jika keuangan mereka dianggap lebih aman.

Direktur keuangan kelompok Commonwealth, Lyn Cobley, mengatakan bank tetap menjadi salah satu dari beberapa bank global dalam kategori AA.

"Sejak terjadinya krisis keuangan pada tahun 2008, kelompok telah meningkatkan modal dasar dan meningkatkan pendanaannya serta posisi likuiditas dengan meningkatkan nasabah deposito dan utang jangka panjang serta mengurangi penggunaan pendanaan jangka pendek," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Pada poin ini kami tidak memperkirakan ini berdampak material pada rencana pendanaan rencana kami atau ekspektasi harga dari penerbitan baru kami." (A026A027)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011