Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT TransJakarta menyatakan armada bus wisata mengangkut lebih dari 56 ribu wisatawan selama libur Lebaran 1443 Hijriah atau 3-11 Mei 2022.

"TransJakarta berharap layanan yang kami hadirkan bisa memberi kenangan indah pada masa Libur Lebaran," kata Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR TransJakarta Iwan Samariansyah di Jakarta, Kamis.

Baca juga: TransJakarta perpanjang layanan bus wisata hingga 11 Mei

Iwan menambahkan antusiasme yang besar itu berlanjut dengan permintaan masyarakat untuk meneruskan operasional layanan Bus Wisata.

Seperti diketahui, layanan bus wisata sebelumnya tidak beroperasi sementara guna memutus rantai penyebaran COVID-19 di sektor transportasi publik, khususnya TransJakarta.

"Kami akan melakukan evaluasi terlebih dahulu dari berbagai sisi. Mengingat Jakarta masih berada di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), aspek protokol kesehatan menjadi poin penting yang harus dikaji guna memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan," katanya.

Sebelumnya, TransJakarta mengoperasikan bus wisata bertarif gratis pada 3-11 Mei 2022.

TransJakarta menyediakan dua rute bus wisata yakni Jakarta Modern (BW2) dengan rute Juanda Istiqlal (PP) dan Pencakar Langit (BW4) dengan rute IRTI Monas (PP).

Baca juga: Libur Lebaran, TransJakarta operasikan bus wisata

Adapun rute yang dilayani yakni rute Jakarta Modern pukul 10.00-21.00 WIB dan rute Pencakar Langit pukul 10.00-20.00 WIB.

TransJakarta menyediakan delapan unit bus dengan kapasitas maksimal masing-masing 80 penumpang.

Ia menjelaskan bus itu memiliki desain ramah untuk pelanggan termasuk disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta memiliki sejumlah program wisata untuk mengisi libur panjang Lebaran, salah satunya wisata dengan menumpangi bus wisata.

Menjelajah Jakarta dengan menumpangi bus tingkat, Bus Wisata Jakarta Explorer gratis yang awalnya beroperasi 3-8 Mei kemudian diperpanjang hingga 11 Mei 2022.

Baca juga: TransJakarta tiadakan layanan bus wisata di PSBB pengetatan

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022