layanan bus wisata TransJakarta tersebut akan memudahkan masyarakat yang ingin berwisata di Jakarta
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menghadirkan rute baru  bus wisata Monas Explorer (BW 10) melayani halte IRTI, Gambir, Juanda, Istiqlal,  dan Monas beroperasi secara berkala dari Selasa sampai dengan Minggu.
 
"Monas Explorer beroperasi  pukul 10.00-17.00 WIB dengan tarif Rp0 alias gratis," kata Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Wibowo ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Wibowo mengatakan kehadiran BW10 melengkapi rute bus wisata lainnya, yaitu Sejarah Jakarta (BW 01), Pencakar Langit (BW 04), dan Kota Tua-Pantai Indah Kapuk (PIK) (BW 09).
 
Mulai hari ini juga, rute Jakarta Baru (BW 02) yang melayani titik pemberhentian IRTI, Balai Kota, Sarinah, Bundaran HI, Sarinah (Menara Topas), Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru GKJ, Juanda/Istiqlal, Monas 1 dan Monas 2, akan berhenti beroperasi.
 
"Untuk segmen layanan BW 02 akan dilayani atau diakomodir oleh BW 01 dan BW 10," lanjutnya.
 
Layanan bus wisata TransJakarta Sejarah Jakarta (BW 01) melayani titik pemberhentian bus Juanda Istiqlal, Museum Bank Indonesia, dan Kali Besar Barat.
 
Sedangkan layanan bus wisata Pencakar Langit (BW 04) melayani titik pemberhentian bus mulai dari IRTI, Karet, hingga Senayan.
 
Sama dengan BW 10, rute BW 01 dan BW 04 juga beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00-17.00 WIB dengan tarif Rp0 atau gratis.
 
Khusus untuk layanan bus wisata rute Kota Tua-PIK (BW 09) yang melayani titik pemberhentian mulai dari Kali Besar Barat 1, Pantai Maju, hingga PIK Avenue, beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan tarif gratis.
 
Wibowo mengatakan keempat layanan bus wisata TransJakarta tersebut akan memudahkan masyarakat yang ingin berwisata di Jakarta.
 
"Ini akan memudahkan masyarakat yang mau berwisata dengan moda transportasi publik untuk ke tempat bersejarah, kuliner, maupun hiburan hanya dengan membawa kartu uang elektronik sebagai alat transaksi," ujarnya.
Baca juga: TransJakarta rute Blok M-Kota dialihkan karena aksi di depan MK
Baca juga: TransJakarta prioritaskan bus listrik layani non BRT
Baca juga: TransJakarta targetkan 10 ribu lebih armada listrik pada 2030

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023