Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Lakers diizinkan untuk menjajaki asisten pelatih Golden State Warriors Kenny Atkinson dan menawarkan wawancara untuk jabatan pelatih kepala yang tengah kosong di tim NBA tersebut.

Mengutip laporan ESPN pada Kamis, Lakers telah melakukan pertemuan dengan sejumlah kandidat lain dalam beberapa pekan terakhir dan berencana untuk memulai pembicaraan dengan Atkinson.

Atkinson lebih banyak membangun reputasinya di NBA sebagai asisten pelatih di beberapa klub lain sebelum Warriors seperti New York Knicks medio 2008-2012, Atlanta Haws (2012-2016), dan Los Angeles Clippers (2020-2021).

Kendati demikian, sosok berusia 54 tahun itu juga pernah menjadi pelatih kepala Brooklyn Nets sejak Oktober 2016.

Baca juga: Lakers jajaki mantan pelatih Warriors dan eks Trail Blazers

Pada musim 2018-19 Atkinson membawa Nets finis di urutan keenam Wilayah Timur dan mencapai playoff tapi terhenti di putaran pertama seusai disingkirkan Philadelphia 76ers dalam lima gim, sebelum kemudian mundur jelang akhir musim 2019-20.

Ini merupakan musim perdana Atkinson membantu pelatih kepala Steve Kerr di Warriors, tetapi ia juga dilaporkan menjadi salah satu kandidat nakhoda anyar Charlotte Hornets dan sudah menjalani wawancara beberapa hari belakangan.

Di Hornets, Atkinson bersaing dengan pelatih kawakan Mike D'Antoni dan asisten pelatih Milkwaukee Bucks Darvin Ham sebagai kandidat serius lainnya.

Atkinson merupakan kandidat berikutnya yang dilaporkan didekati Lakers sejak mereka memecat Frank Voegel setelah gagal menembus fase playoff musim ini dan hanya finis di urutan ke-11 Wilayah Barat dengan catatan menang kalah 33-49.

Baca juga: Lakers resmi pecat Frank Vogel

Beberapa nama lain yang sempat dilaporkan didekati Lakers adalah mantan pelatih kepala Portland Trail Blazers Terry Stotts, asisten pelatih Toronto Raptors Adrian Griffin dan mantan pelatih kepala Warriors Mark Jackson.

Apabila Atkinson mendapatkan pekerjaan di Lakers, maka Warriors akan kehilangan dua asisten pelatih musim depan lantaran Mike Brown dilaporkan sudah menyepakati pekerjaan sebagai pelatih kepala Sacramento Kings dengan kontrak empat tahun mulai NBA 2022-23.

Baca juga: Lakers tersingkir dari persaingan menuju postseason NBA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022