Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman berita terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

* Ukraina mengeklaim memukul mundur pasukan Rusia dalam sebuah serangan balik yang bisa menjadi sinyal adanya perubahan momentum dalam perang.

* Ukraina menutup aliran gas yang melintasi wilayah yang dikuasai Rusia. Langkah itu meningkatkan kekhawatiran bahwa bakal terjadi krisis energi di Eropa.

* Pasukan Ukraina terus membalas serangan tentara Rusia di bagian utara kota terbesar kedua,Kharkiv, dan merebut kembali sejumlah kota dan desa di dekat perbatasan Rusia, kata kementerian pertahanan Inggris, Kamis.

* Wilayah Kherson di Ukraina yang diduduki Rusia berencana meminta Presiden Rusia untuk menggabungkan wilayah itu ke Rusia, kata kantor berita TASS yang mengutip pejabat Rusia. Gubernur Kherson yang digulingkan mengatakan rakyat setempat ingin kembali menjadi bagian Ukraina.

* Pecahan roket artileri yang ditembakkan secara terus menerus dan menghancurkan dusun Vilkhivka menjadi saksi pertempuran sengit antara tentara Ukraina yang melakukan serangan balik dan tentara Rusia yang sempat menduduki kawasan tersebut.

* Aliran gas Rusia ke Eropa yang melewati Ukraina anjlok seperempatnya setelah pasukan Ukraina menutup titik transit Sokhranovka.

* Moskow telah menjatuhkan sanksi terhadap pemilik sebagian pipa gas Yamal di Polandia yang membawa gas Rusia ke Eropa, juga terhadap anak perusahaan produsen gas Rusia Gazprom di Jerman yang melayani konsumsi gas Eropa.

* Jerman sedang mencermati pengumuman sanksi Rusia kepada Germania, anak perusahaan Gazprom, kata kementerian ekonomi Jerman.

* NATO berharap Finlandia dan Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan aliansi pertahanan Atlantik Utara itu dalam beberapa hari ke depan untuk mendapatkan keanggotaan segera, kata sejumlah diplomat dan pejabat. 

Harapan itu dinyatakan ketika invasi Rusia di Ukraina memaksa pejabat NATO untuk berpikir ulang tentang keamanan Eropa.

* Presiden Bank Investasi Eropa mendukung rencana ala "Marshall Plan" untuk membangun kembali Ukraina dan menjanjikan pinjaman dari Uni Eropa.

* "Perang ini akan berakhir jika Rusia mengembalikan hak kami untuk hidup," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di depan para mahasiswa Prancis lewat tautan video.

* "Perang ini tak akan berlangsung selamanya. Akan tiba saatnya ketika negosiasi tercapai. Saya tidak melihatnya dalam waktu dekat. Namun saya bisa mengatakan satu hal. Kami tak akan pernah menyerah," kata Sekjen PBB Antonio Guterres.

* Pemerintah Ukraina mengeluarkan peringatan mengerikan tentang nasib warga sipil dan para petempur yang masih bertahan di Mariupol, beberapa pekan setelah kota pelabuhan di Ukraina itu dibombardir oleh Rusia. Wali kota setempat mengatakan bombardemen telah mengubah kota tersebut menjadi "kampung abad pertengahan".

Sumber: Reuters

Baca juga: Ukraina akan hentikan aliran gas Rusia ke Eropa 

Baca juga: Kabar Ukraina: Dari situasi di pabrik baja hingga opsi serangan nuklir


 

Gumpalan asap terlihat setelah ledakan guncang Lviv Ukraina

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022