Makassar (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan kunjungan ke Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam rangka silaturahim sekaligus sebagai upaya memperkuat kolaborasi pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Kepala BPS Margo Yuwono di Makassar, Jumat, mengatakan sebagai satu organisasi yang besar dengan beragam program kerja, BPS perlu berkolaborasi dengan berbagai mitra termasuk perguruan tinggi. Ini menjadi penting, agar BPS mampu berkembang pada masa datang.

Baca juga: Ketua MPR cermati data BPS tentang angka pengangguran

"Kedatangan kami untuk meningkatkan hubungan baik dan silaturahim. Kami berharap Unhas bisa bersinergi dalam membantu pengembangan sumber daya manusia BPS, utamanya di luar bidang statistik," kata Margo.

Margo juga memberikan gambaran umum mengenai cakupan kerja BPS yang dituntut untuk mampu beradaptasi. Saat ini pengumpulan data dengan cara tradisional sulit dilakukan, di mana masyarakat semakin individualis dan cenderung memberikan respons apa adanya.

Baca juga: UT dan BPS berkolaborasi tingkatkan kualitas sumber daya manusia

Padahal, menurut dia, data merupakan bagian penting dalam membangun negara dan bermanfaat sebagai salah satu tolak ukur kebijakan yang hendak dikeluarkan oleh pemerintah.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Dr Muh Restu MP mewakili Rektor Unhas menyambut baik kedatangan BPS ke Unhas Makassar.

Ia mengatakan, Unhas dan BPS telah lama menjalin kemitraan dalam berbagai kesempatan seperti kerja sama menghadirkan kampung statistik hingga pojok statistik Unhas.

Baca juga: Unhas-Pemprov Kaltara kerja sama kembangkan tri darma perguruan tinggi

"Selama ini Unhas dan BPS menjalin hubungan yang baik. Dalam berbagai kesempatan, kolaborasi kedua pihak terlaksana secara optimal. Ke depan, kami berharap semakin banyak kolaborasi yang bisa dibangun sebagai komitmen dalam mendorong Indonesia menjadi lebih baik ke depan," kata Prof Restu.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022