Dortmund (ANTARA News) - Olympique Marseille melaju ke fase gugur Liga Champions, setelah mereka mampu membalikkan ketinggalan 0-2, menjadi kemenangan 3-2 pada pertandingan melawan Borussia Dortmund, Selasa.

Dengan Arsenal yang kalah 1-3 dari Olympiakos, Marseille tampaknya akan mendapatkan satu tempat di Liga Eropa serta berada pada peringkat ketiga di grup F, sebelum mampu memasukkan dua gol pada akhir babak kedua, di mana pemain pengganti, Mathieu Valbuena, mencetak gol kemenangan.

Gol yang dibukukan gelandang Polandia, Jakub Blaszczykowski, dan bek Jerman, Mats Hummels, membuat Dortmund unggul 2-0 di awal babak pertama.

Penyerang Prancis, Loic Remy, mencetak satu gol bagi tim asuhan Didier Deschamps di akhir babak pertama, sebelum Andre Ayew menyamakan kedudukan pada menit ke-85, dan kemudian Velbuena melengkapi kisah manis timnya dua menit kemudian.

Kemenangan ini membuat Marseille mengakhiri fase grup dengan menghuni peringkat kedua di Grup F, dengan Olympiakos di peringkat ketiga dan akan bermain di Liga Europa, sementara Dortmund terpental dari kompetisi Eropa.

Dortmund melakoni pertandingan ini dengan perhitungan matematis, bahwa mereka bisa mencapai babak 16 besar, jika dapat mengalahkan Marseille setidaknya dengan skor 4-0, untuk membalas kekalahan 0-3 yang diderita dari Marseille pada akhir Septmber.

Marseille hanya terpisah delapan menit dengan fase gugur sebelum Olympiakos mampu mencetak gol pada menit-menit akhir pertandingan di Stade Velodrome, yang membuat satu kursi wakil Grup F menjadi rebutan antara kedua tim tersebut.

Dortmund melakukan perlawanan ketat di kandang mereka, Stadion Signal Iduna Park. Mereka memimpin pada menit ke-23, ketika Blaszczykowski - yang memiliki nama panggilan Kuba - merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tembakan menembus gawang Marseille.

Tuan rumah kehilangan kapten Sebastian Kehl enam menit kemudian, setelah ia cedera karena dilanggar bek asal Kamerun, Stephane Mbia, di kotak penalti Marseille.

Pemain Afrika tersebut kemudian dihukum kartu kuning oleh wasit atas pelanggarannya, yang membuat Kehl harus dikirim ke rumah sakit, dan wasit Howard Webb tanpa ragu menunjuk titik putih. Hummels sukses mengeksekusi penalti dan mengubah skor menjadi 2-0.

Kiper Dortmund Roman Weidenfeller mengambil alih jabatan kapten, sementara gelandang asal Brazil, Antonio Da Silva, masuk untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Kehl. Dortmund masih berupaya mencari gol ketiga sebelum babak pertama usai.

Marseille yang lebih sering berada dalam tekanan pada babak pertama, akhirnya berhasil memperkecil ketinggalan melalui serangan berbahaya pertama mereka, dan tendangan terakhir di babak pertama.

Wasit memberi waktu tambahan selama empat menit, ketika pemain sayap Morgan Amalfitano mengirim umpan silang yang sangat baik pada Remy, dan ia menanduk bola tersebut untuk membuat babak pertama ditutup dengan skor 2-1.

Tim Jerman tersebut masih memimpin sampai umpan silang Amalfitano dapat disambut Ayew yang tidak terkawal. Tanpa kesulitan Ayew menyundul bola dan menyamakan kedudukan pada menit ke-87. Kemudian Valbuena mengandaskan perlawanan Dortmund, melalui tembakan melekngkung dari jarak 16 meter, yang menembus sudut atas gawang tuan rumah.
(H-RF)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011