Pangururan, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara akan membangun taman bumi (geopark) senilai Rp 20 miliar, karena potensi pariwisata kawasan danau Toba dinilai tepat untuk dijadikan wisata bahari.

"Rencana pembangunan `geopark` sebagai lokasi untuk etalase danau Toba diperkirakan bisa dimulai pada pertengahan tahun 2012," kata Kabag Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Gomgom Naibaho di Pangururan, Kamis.

Ia mengatakan, `geopark` merupakan lokasi yang terbentuk dari rangkaian proses pembentukan bumi yang terjadi ribuan tahun lalu dan lokasi yang sudah ditentukan tersebut akan dikelola sebagai konservasi alam dan menjadi kawasan pariwisata.

Untuk itu, kata dia, Pemkab Samosir telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta.

Kerjasama diawali dengan penandatangan kesepakatan antara Bupati Samosir Mangindar Simbolon dan Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian dan Kebijakan Teknologi Dr.Ir. Tatang A. Taufik.

Penandatangan kesepakatan disaksikan Kepala BPPT Marzan A Iskandar di Gedung BPPT Jakarta pada 30 November 2011.
(ANT)
 

 



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011