Gorontalo (ANTARA) - Kedatangan Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersama Istri drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa disambut secara adat di VIP Bandara Djalaludin Gorontalo, Ahad.

Hamka menjalani serangkaian prosesi Adat Mopotilolo, yakni penyambutan khusus bagi pejabat tinggi negara yang baru pertama kali datang ke Gorontalo.

Adat yang dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo), merupakan tanda memperoleh restu dari masyarakat untuk bertugas di Gorontalo.

Penyambutan diiringi Tari Longgo, kemudian dilakukan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Baca juga: Penjabat Gubernur Gorontalo: Saya tegak lurus arahan presiden

Baca juga: Gubernur Gorontalo kemasi barang pribadinya di kantor


Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan selama Hamka bertugas di Gorontalo.

Hamka sangat terkesan dengan penyambutan adat Gorontalo, serta menilai hal itu menjadi kebudayaan lokal yang harus dijaga dan terus dilestarikan.

“Alhamdulillah, luar biasa penyambutan oleh masyarakat maupun tokoh adat. Menurut saya ada beberapa hal penting yang perlu kita respon, pertama bahwa penyambutan prosesi adat ini kan tidak semua daerah melakukan hal seperti ini, sehingga wajib kita lestarikan,” katanya.

Ia juga sangat bangga dan terharu dengan animo masyarakat Gorontalo saat penyambutan.

Saat kali pertama kali datang ke Gorontalo, ia menilai bahwa kekayaan alam yang di miliki Provinsi Gorontalo sangat banyak.*

Baca juga: Gubernur dan Wagub Shalat Idul Fitri di dua tempat berbeda

Baca juga: Tim pengamanan gabungan mulai bersiaga di Kantor Gubernur Gorontalo


Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022