Bandung (ANTARA News) - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandung, Rifki Ali Mubaroq, mengimbau kepada seluruh warga kota Bandung, khususnya anggota Muhammadiyah setempat, untuk melakukan Shalat Gerhana Bulan pada Jumat (9/12) malam.

"Rasulullah SAW selalu meminta umatnya di setiap Gerhana Bulan maupun Matahari untuk melaksanakan Shalat Gerhana, karena itu saya mengimbau kepada anggota Muhammadiyah untuk melakukan Shalat Gerhana," katanya di Bandung, Jumat.

Rifki mengatakan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandung saat ini memiliki masjid hampir di setiap kecamatan.

"Saya mengimbau di 30 kecamatan, masjid Muhammadiyah yang ada menggelar pengajian, ceramah, dan Shalat Gerhana," jelasnya.

Hal senada dengan dikatakan Humas Masjid Al Ukhuwah, Wawan. Pihaknya menggelar pengajian, ceramah dan shalat gerhana ketika ada gerhana bulan.

"Itu sudah agenda rutin kita untuk menggelar pengajian, ceramah dan shalat gerhana jika ada gerhana bulan atau matahari," lanjut Wawan.

Acara serupa pun digelar di Masjid Raya Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung, kata Ketua DKM Masjid Raya Jabar, Cece Subrata.

"Dalam shalat yang direncanakan setelah Shalat Isya itu," kata Cece yang akan menjadi imam adalah Ketua MUI Jabar KH Hafid Usman.

Cece menjelaskan, pihaknya hanya akan mengadakan Shalat Gerhana secara berjamaah, sedangkan acara menonton gerhana bareng yang selalu diadakan seperti sebelumnya di menara Masjid tidak diadakan.

"Ketinggiannya kurang, jadi hanya shalat, ceramah dan takbir.kendati begitu saja mengajak warga Kota bandung untuk jangan segan datang ke sini," tukasnya.

(ANT-278/E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011