Brussels (ANTARA News/AFP) - Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy, Jumat mengatakan, tidak ada kesepakatan telah dicapai tentang penyatuan utang negara zona euro yang banyak dilihat sebagai cara terbaik keluar dari krisis euro.

"Kami tidak memiliki sebuah kesepakatan malam ini tentang masalah ini," kata Van Rompuy, ketika ditanya tentang topik kontroversial obligasi euro (eurobonds) setelah konferensi tingkat tinggi (KTT) Uni Eropa yang dijuluki sebagai kesempatan terakhir untuk menyelamatkan euro.

Namun, ia mengatakan ia dan pejabat utama Uni Eropa lainnya telah diberikan mandat untuk "melanjutkan pekerjaan kami" untuk memperdalam integrasi antara negara-negara zona euro.

"Kami akan membahas masalah ini lagi mudah-mudahan di perairan yang lebih tenang," kata Van Rompuy.

Beberapa analis melihat eurobonds hanya sebagai solusi untuk krisis utang yang melumpuhkan yang telah mengancam zona euro di jurang resesi, namun Jerman dengan ketat menentang langkah tersebut.

Dalam sebuah langkah mengejutkan yang membuat marah Berlin, Van Rompuy memperkenalkan kembali ide dalam usulan yang dibuat menjelang pertemuan puncak.

Selain itu, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengumumkan pada konferensi berita terpisah bahwa dana bailout Eropa mendatang, Mekanisme Stabilitas Eropa, tidak akan memberikan lisensi perbankan, kemenangan lain untuk Jerman.
(A026/A011) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011