Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama sepekan terakhir mulai dari penurunan sebanyak 86,47 ton emisi karbon pada Sabtu (23/9) atau saat peringatan Hari Ozon Sedunia hingga perkuatan ekonomi pusat-pusat bisnis menjadi prioritas pembangunan Jakarta ke depan.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. DLH DKI: Ada penurunan 86,47 ton emisi karbon pada Hari Ozon Sedunia
 
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengungkapkan ada penurunan sebanyak 86,47 ton emisi karbon pada Sabtu (23/9) atau saat peringatan Hari Ozon Sedunia.
 
"Penurunan emisi karbon (CO2) sebesar 86,47 ton pada 23 September kemarin," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Berita selengkapnya klik di sini

2. Pemprov DKI yakin KTT AIS pacu pengembangan UMKM di Kepulauan Seribu
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku optimistis penyelenggaraan KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 dapat memacu pengembangan UMKM di wilayah pesisir DKI, seperti Kepulauan Seribu.
 
"KTT AIS berpotensi besar mengembangkan wisata bahari di Indonesia, termasuk DKI Jakarta seperti di Kepulauan Seribu. Perkembangan pariwisata bahari itu akan menggerakkan roda perekonomian di wilayah pesisir, termasuk mendukung pengembangan UMKM," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Heru minta reservoir komunal dipercepat untuk atasi krisis air
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Perumda PAM Jaya mempercepat pembangunan reservoir komunal atau tandon air ukuran besar untuk mengatasi krisis air di sejumlah kelurahan Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

"Ya ada beberapa kelurahan dan Dirut PAM Jaya (Arief Nasrudin) sudah disiapkan reservoir. Ada di Marunda dan beberapa di Jakbar supaya masyarakat bisa tetap mendapatkan pelayanan air bersih," kata Heru di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

4. PAM Jaya siap realokasi 18 kelurahan Jakut-Jakbar terdampak krisis air
 
Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jakarta (Perumda PAM Jaya) menyatakan kesiapan pihaknya untuk mengalokasikan kembali (realokasi) sebanyak 18 kelurahan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat karena terdampak krisis air.
 
"Kami melakukan realokasi pada titik- titik distribusi yang dirasa kita bisa distribusikan lagi," kata Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin di Jakarta, Kamis.
 
Berita selengkapnya klik di sini

5. Sekda DKI: Perkuatan ekonomi prioritas pembangunan Jakarta ke depan
 
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan perkuatan ekonomi pusat-pusat bisnis menjadi prioritas pembangunan Jakarta ke depan agar bisa memberi kontribusi positif terhadap ekonomi nasional.
 
"Jakarta saat ini sedang berjuang menjadi pusat bisnis. Hal ini tentunya membutuhkan infrastruktur, talenta muda yang kreatif, serta industri yang kuat," kata Joko saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023