Malang (ANTARA News) - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Peduli Keadilan (Forma PK) Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, menggelar aksi solidaritas terhadap kematian Sondang Hutagalung, seorang mahasiswa yang tewas dalam aksi bakar diri di depan Istana Negara.

Aksi solidaritas itu dilakukan di depan DPRD Kota Malang, Senin, dengan menggelar teatrikal dan baca puisi yang menggambarkan buruknya kinerja dan perhatian pemerintah terhadap penyelesaian kasus korupsi di Indonesia.

"Teatrikal ini sebagai gambaran buruknya kinerja pemerintah dalam pemberantasan korupsi di tanah air, sehingga menimbulkan korban salah satunya teman kami Sondang Hutagalung yang tewas akibat membakar diri di depan Istana Negara," kata Koordinator aksi, Adi Nugoho.

Adi mengaku, yang pantas dibakar seharusnya para pelaku koruptor di Indonesia, dan bukan mahasiswa yang menuntut keadilan. Oleh karena itu, pihaknya meminta ketegasan pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Dalam aksinya, mahasiswa juga menuntut kepada anggota DPRD Malang untuk memberlakukan kurikulum Antikorupsi secepatnya di wilayah Kota Malang.

"Kami juga menuntut perbaikan moralitas para anggota dewan dan pejabat negara dengan melakukan penegakan hukum bagi yang berlaku koruptif," katanya.
(ANT)
 

         



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011