Sangata (ANTARA News) - Perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia, Kaltim Prima Coal (KPC), pada 2011 berhasil meraih penghargaan tingkat ASEAN dan 15 penghargaan tertinggi dari Indonesia dalam berbagai bidang seperti keselamatan kerja dan lingkungan hidup.

"KPC berhasil meraih penghargaan tingkat ASEAN, masing-masing Best Winner kategori tropical buildings dalam `best practice competition for energy efficient building` pada ajang `The Fifth ASEAN Energy Award` 2011," ujar General Manager External Relation, Husein Akma, Selasa.

Penghargaan itu, katanya, mewakili empat bidang yakni, penambangan, Lingkungan, Keselamatan dan dan Tanggung Jawab Social CSR (Coorporate Social Responsibility).

Menurut Husein Akma, di ajang yang sama, Kaltim Prima Coal, juga memperoleh penghargaan the First Runner-up untuk Best Pratice Competition for Energy Management in Building and Industries kategori Small and Medium Building Competition pada ajang the Fifth ASEAN Energy Award 2011

Selain memperoleh penghargaan tingkat ASEAN, KPC yang sebagian sahamnya dimiliki Konglomerat Nasional Aburizal Bakrie itu juga sepanjang tahun 2011 meraih berbagai prestasi dan penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia, dalam empat bidang, yakni, Lingkungan, Keselamatan, Penglolaan Tambang dan bidang Cooporate Social Responsibility (SCR).

Dikatakan Husein Akma, dalam bidang Keselamatan KPC berhasil memperoleh Penghargaan sebagai Perusahaan pembinan K3 terbaik dari Bupati Kutai Timur dengan Zero Accident Award.

Perghargaan serupa datang dari Gubernur Kalimantan Timur, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

"KPC juga sukses meraih empat trophy dalam ajang Indonesian Fire dan Rescue ke-14 2011," kata Husein Akma.

Kemudian dalam bidang Pengelolaan Lingkungan, KPC dinilai sebagai perusahaan pengelola lingkungan terbaik dan mendapat Sertifikat Emas Proper dari Gubernur Kalimantan Timur H.Awang Faroek Ishak.

"Kementerian Lingkungan Hidup RI juga menilai KPC berhasil mengelola lingkungan dengan sistem terbaiknya sekaligus menganugerahkan penghargaan dalam bentuk Proper Hijau serta Sistem Manajemen Lingkungan Berbasis ISO 14001:2004 dari SGS," kata Husein Akma dengan dibenarkan General Manager (GM) Community Empowerment Wijayono Sarosa dan General Manajer GM Health Safety Environment and Security (HSES).

Penghargaan lainnnya datang dari Kementerian Energy dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia berupa Sertifikat Aditama, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam dalam kelola penambangan.

Keberhasilan KPC meraih prestasi tinggi merupakan keberhasilan seluruh karyawan yang selama ini telah bekerja maksimal dan terbaik.

"Mudah-mudahan prestasi ini tetap dipertahankan. Prestasi membanggakan ini merupakan jerih payah dan kerja keras seluruh karyawan PT KPC, tanpa itu tidak mungkin didapatkan" katanya. (ADI/A041)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011