Semarang (ANTARA) -
Puncak peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia Ke-114 Tahun 2022 bakal dipusatkan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada Jumat (20/5), dengan menggelar kegiatan sosial untuk masyarakat.

"Peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia tahun ini bertema 'IDI Reborn Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat' didukung dengan berbagai rangkaian kegiatan di seluruh IDI wilayah maupun IDI cabang se-Indonesia," kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr M. Adib Khumaidi, SpOT di Semarang, Kamis.

Baca juga: Menkes: 586 Puskesmas di Indonesia belum memiliki dokter

Ia menyebut IDI Cabang Pati, IDI Cabang Kudus, dan IDI Cabang Rembang menjadi tuan rumah sekaligus panitia dalam puncak peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia tahun ini.

Menurut dia, puncak kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia diwujudkan dalam kegiatan peresmian pembangunan sumber air bersih dan jamban sehat di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

"Hari Bakti Dokter Indonesia ini sebuah perwujudan untuk memperkuat bahwa IDI dan dokter Indonesia lahir untuk bangsa dan rakyat Indonesia," katanya.

Baca juga: Audiensi Polri-IDI bahan penanganan disinformasi kesehatan

Ketua Panitia Hari Bakti Dokter Indonesia 2022 Jateng Dr dr Cahyono Hadi, SpOG(K) menambahkan, beberapa kegiatan sosial juga sudah dilakukan berupa donor darah di Kabupaten Pati, Kudus, dan Rembang.

"Besok pagi pencanangan air bersih dan jamban sehat, kami memilih Desa Sumbersoko karena merupakan desa binaan kami. Harapannya desa binaan ini bisa berkelanjutan," ujarnya.

IDI, lanjut dia, mengambil bagian dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui Program Penyediaan Air Bersih dan Jamban Sehat.

Baca juga: PB-IDI kecam dugaan kekerasan yang dialami dokter onkologi di Papua

Rangkaian kegiatan selanjutnya pada hari yang sama adalah Dialog Interaktif bersama Ketum PB IDI yang akan diikuti oleh seluruh anggota IDI se-Indonesia dan dilaksanakan secara hybrid di Pendapa Kabupaten Pati.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022