Madrid (ANTARA News) - Standard and Poor`s pada Kamis menurunkan peringkat kredit 10 bank Spanyol, setelah menerapkan kriteria baru dan memperingatkan pihaknya dapat menurunkan skor mereka lebih lanjut dalam jangka pendek.

Ke-10 bank yang peringkatnya telah diturunkan, mereka tetap dalam "creditwatch dengan implikasi negatif ", menunjukkan risiko penurunan peringkat lebih lanjut, Standard and Poor`s mengatakan dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

Lembaga "mengkaji ulang peringkat pada 10 lembaga keuangan Spanyol dengan menerapkan kriteria baru dan metodologi penilaian kelompok yang diperbarui untuk bank," katanya.

"Berbagai peringkat pada 10 lembaga keuangan tersebut tetap pada creditwatch dengan implikasi negatif."

Perubahan itu mempengaruhi CaixaBank, Bankia, Banco Popular, Bankinter, Banco de Sabadell, perusahaan induk Caja de Ahorros y Pensiones de Barcelona, Ibercaja Banco, San Caja de Ahorros y Monte de Piedad de Gipuzkoa y San Sebastian, Bilbao Bizkaia Kutxa dan Banco Financiero y de Ahorros.

Spanyol dipaksa untuk merestrukturisasi sektor keuangannya setelah negara itu dilanda meledaknya gelembung properti pada 2008.

Lembaga pemeringkat utama lainnya, Moody`s, telah memperingatkan kemungkinan pemangkasan peringkat sejumlah bank Spanyol termasuk Bankia dan Sabadell, mengutip paparan mereka ke real estat dan kemampuan yang lebih lemah untuk menghasilkan pendapatan. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011