Wellington (ANTARA News) - Banyak bagian Selandia Baru menghadapi kekacauan besar Kamis kemarin (15/12), setelah apa yang disebut pemerintah sebagai "bom cuaca" yang mengakibatkan kerusakan di seluruh bagian utara South Island.

Menteri Pertahanan Sipil Chris Tremain terbang ke kota kecil Nelson Kamis pagi kemarin setelah daerah itu dilanda banjir dan banyak anggota masyarakat terputus akibat hujan yang mulai mengguyur Rabu (14/12).

Namun, pesawatnya tak bisa mendarat akibat cuaca buruk dan sudah berada pada ketinggian 100 meter dari tanah sebelum kembali ke Wellington, ibu kota Selandia Baru, demikian laporan Fairfax News.

"Saya ingin menilai kerusakan secara langsung, memastikan Pertahanan Sipil memberi tanggapan yang layak, dan mengidentifikasi cara apa pun yang dapat dilakukan pemerintah guna membantu wilayah tersebut melindungi nyawa dan harta warga," kata Tremain seperti dikutip Xinhua.

Pernyataan itu menandakan Wilayah Nelson telah "didera bom cuaca dan curah hujan sampai 320 mililiter dalam waktu 24 jam".

Lebih dari 54 kendaraan tergelincir, puluhan jalan ditutup dan 150 orang mengungsi, sementara Keadaan Darurat Sipil diumumkan Rabu malam oleh wilayah Nelson dan tetangganya Tasman Councils.

C003/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011